Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Stimulus China Terbaru untuk Genjot Ekonomi, dari Properti hingga Teknologi

Berikut rangkuman stimulus China terbaru untuk menopang perekonomian. 
Suasana jalanan di kota Beijing China/ Bloomberg
Suasana jalanan di kota Beijing China/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk meningkatkan ekonomi dan membuat janji untuk memperbaiki lingkungan bisnis, China telah mengumumkan beberapa langkah baru-baru ini. 

Secara luas, pernyataan dalam sebulan terakhir memberikan jaminan luas untuk meningkatkan belanja konsumen pada barang-barang rumah tangga, mobil, dan mendorong perusahaan swasta. 

Kemudian, investor sejauh ini juga skeptis terhadap janji tersebut. Investor juga mencari proposal yang lebih konkret dan kebijakan stimulus langsung. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa stimulus China terbaru yang dilansir dari Bloomberg, Senin (24/7/2023).

24 Juli 2023 - Pertemuan Politbiro 

Pemimpin tertinggi China memberi isyarat lebih banyak dalam dukungan untuk sektor properti yang mengalami masalah, di samping janji untuk meningkatkan konsumsi dan menyelesaikan utang pemerintah daerah, meskipun tidak mengumumkan stimulus skala besar untuk mendukung pemulihan ekonomi yang melambat. 

Ahli strategi senior China di Australia & New Zealand Banking Group Ltd. Xing Zhaopeng mengatakan bahwa ada dua pesan utama dalam pertemuan Politbiro. 

Pertama, menjadikan permintaan domestik di atas kebijakan industri dan menunjukan langkah-langkah kontra siklus yang lebih kuat. Keduajuga menekankan rencana besar untuk penghapusan utang pemerintah daerah. 

24 Juli 2023 - Investasi Bisnis

Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) mengeluarkan rencana untuk mendorong perusahaan swasta berinvestasi di industri utama. Contohnya seperti di industri transportasi, konservasi air, energi bersih, infrastruktur baru, manufaktur maju, dan fasilitas pertanian modern. 

Pemerintah daerah juga mengajukan lebih dari 2.900 proyek senilai US$445 miliar yang dapat diinvestasikan oleh bisnis. 

NDRC juga berupaya membiayai proyek melalui pinjaman bank dan produk real estate investment trust (REIT). 

21 Juli 2023 - Konstruksi

Dewan negara yang diketuai Perdana Menteri Li Qiang mendorong dukungan pembangunan properti, dengan mengatakan pemerintah akan meningkatkan renovasi desa perkotaan. 

Hal ini juga mencari lebih banyak modal swasta dalam proyek memperluas permintaan domestik dan mendorong pembangunan kota. 

21 Juli 2023 - Mobil

NDRC merilis 10 langkah untuk meningkatkan pembelian mobil, terutama dalam kendaraan energi baru. Contohnya termasuk menurunkan biaya pengisian kendaraan listrik dan memperpanjang keringanan pajak. 

Pada Juni 2023, Kementerian Perdagangan meluncurkan kampanye 6 bulan untuk meningkatkan pembelian mobil dan mendorong adopsi kendaraan listrik di daerah pedesaan. 

20 Juli 2023 - Mata Uang

Bank Rakyat China (PBOC) menyesuaikan beberapa aturan yang memungkinkan perusahaan meminjam lebih banyak dari luar negeri dan membuka pintu lebih banyak bagi arus masuk modal asing. 

Hal ini juga menetapkan menetapkan patokan harian yang lebih kuat untuk mata uang tersebut.

19 Juli 2023 - Bisnis Swasta

Partai Komunis dan pemerintah mengeluarkan ikrar bersama untuk memperbaiki kondisi bisnis swasta. Hal ini adalah hal yang langka. 

Ikrar tersebut menguraikan 31 langkah yang mencakup memperlakukan perusahaan swasta sama seperti badan usaha milik negara (BUMN),  lebih banyak berkonsultasi dengan para pengusaha dalam menyusun kebijakan, dan mengurangi hambatan masuk pasar bagi perusahaan.

18 Juli 2023 - Barang Rumah Tangga

Sebanyak 13 departemen pemerintah menguraikan rencana untuk meningkatkan pengeluaran rumah tangga mulai dari peralatan listrik hingga furnitur. 

Menurut langkah-langkah yang diumumkan, otoritas lokal juga didorong untuk membantu warga memperbaiki rumah, memastikan orang-orang mendapat akses kredit yang lebih baik dalam membeli produk rumah tangga. 

13 Juli 2023 - Teknologi 

Regulator internet teratas merilis 24 panduan untuk layanan yang mirip dengan ChatGPT, dengan mengendurkan beberapa batasan yang diajukan beberapa bulan sebelumnya.

Regulator keuangan juga menyelesaikan penindakan regulasi sektor tersebut selama hampir dua tahun dengan memberikan denda lebih dari US$1 miliar pada raksasa teknologi Ant Group Co. dan Tencent Holdings Ltd.

10 Juli 2023 - Properti

Regulator keuangan memperpanjang bantuan pinjaman untuk pengembang properti untuk memastikan penyelesaian rumah-rumah yang sedang dibangun. 

PBOC juga memberi petunjuk bahwa pemberi pinjaman dapat menegosiasikan kembali kontrak hipotek, atau memperpanjang pinjaman baru untuk menurunkan biaya pembiayaan pinjaman rumah. 

Pihak regulator juga mempertimbangkan pelonggaran pembatasan pembelian rumah di kota-kota besar China, dengan potensi menghilangkan hambatan permintaan di Beijing dan Shanghai selama bertahun-tahun. 

13 Juni 2023 - Suku Bunga

PBOC memangkas suku bunga utamanya sebagai langkah yang tak terduga untuk memberikan stimulus moneter bagi perekonomian. 

Langkah ini dilakukan menjelang data yang menunjukan penurunan tajam dalam sektor properti, penurunan dalam investasi sektor swasta yang mengkhawatirkan dan rekor tingkat pengangguran di kalangan pemuda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper