Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Negara Ini Borong 20 Hercules C-130J Buatan AS Senilai Rp9,9 triliun

Australia dikabarkan akan membeli 20 pesawat angkut Hercules C-130J dari Amerika Serikat (AS) senilai Rp9,9 triliun.
Pesawat Hercules C-130H. /ph.usembassy.gov
Pesawat Hercules C-130H. /ph.usembassy.gov

Bisnis.com, JAKARTA - Australia dikabarkan akan membeli 20 pesawat angkut Hercules C-130J dari Amerika Serikat (AS) untuk menggantikan armada yang sudah tua.

Keputusan tersebut semakin memperkuat hubungan militer yang sudah berlangsung lama antara Canberra dan Washington menjelang pertemuan keamanan tingkat tinggi pada akhir pekan ini.

Menteri Pertahanan Australia Richard Marles pada hari Senin mengumumkan pembelian pesawat Hercules C-130J tersebut senilai US$6,6 miliar atau setara dengan Rp99 triliun (estimasi kurs Rp15.000 per dolar AS). Adapun, pengiriman pesawat pertama akan dilakukan mulai 2027.

Marles, yang juga menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Australia, mengatakan bahwa pesawat ini akan berbasis di negara bagian New South Wales.

"Pesawat Hercules C-130J akan digunakan dalam misi pencarian dan penyelamatan, bantuan bencana, dan evakuasi medis," jelasnya dikutip dari Bloomberg, Senin (24/7/2023). 

Pengumuman pembelian Hercules C-130J muncul di tengah serangkaian latihan militer tingkat tinggi dan pertemuan yang melibatkan Australia dan AS yang dimulai dalam beberapa hari terakhir. Latihan dua tahunan Talisman Sabre dimulai di lepas pantai utara Australia pada Sabtu (22/7/2023), menampilkan lebih dari 30.000 tentara dari lebih dari selusin negara termasuk kontingen besar dari AS.

Saat itu, AS mengambil langkah langka dengan menugaskan kapal perang angkatan laut Amerika di luar negeri, dengan USS Canberra secara resmi ditempatkan di Sydney.

Duta Besar AS untuk Australia Caroline Kennedy mengatakan pada saat peresmian kapal tersebut bahwa AS dan Australia telah bekerja sama untuk melestarikan rules based order selama lebih dari satu abad.

Akhir pekan ini, para pejabat tinggi dari AS dan Australia akan berkumpul untuk menghadiri pembicaraan bilateral tahunan AUSMIN mengenai pertahanan dan kebijakan luar negeri kedua negara.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken diperkirakan akan bertemu di Brisbane dengan rekan-rekan mereka dari Australia, yakni Marles dan Menteri Luar Negeri Penny Wong.

Pembelian pesawat C-130J Hercules merupakan informasi terbaru dalam serangkaian kesepakatan militer tingkat tinggi yang dibuat antara Canberra dan Washington. Pada Maret 2023, AS menyetujui penjualan sebanyak 220 rudal Tomahawk ke Australia, senilai US$895 juta, sementara Australia mengharapkan helikopter pertama dari 40 helikopter Black Hawk yang akan dikirimkan pada akhir 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper