Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebut Kendaraan Listrik di Papua, PLN Tambah SPKLU di Manokwari

PT PLN menambah SPKLU di Manokwari, Papua Barat untuk akselerasi adopsi kendaraan listrik di Papua.
PLN Tambah Satu SPKLU di Manokwari./ Dok. PLN
PLN Tambah Satu SPKLU di Manokwari./ Dok. PLN

Bisnis.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) menambah satu stasiun pengisian kendaeaan listrik umum (SPKLU) di Manokwari, Papua Barat. SPKLU tersebut berlokasi di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari.

Dengan penambahan satu SPKLU, maka saat ini terdapat empat unit yang terpasang di wilayah Papua dan Papua Barat. Sebelumnya dua unit SPKLU telah tersedia di Kantor PLN UIW Papua dan Papua Barat, dan satu unit SPKLU ada di Kantor PLN UP3 Sorong.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan penambahan unit SPKLU di Manokwari bertujuan mengakselerasi pertumbuhan kendaraan listrik di wilayah Indonesia bagian timur.

"Ini salah satu upaya PLN dengan memperbanyak infrastruktur ekosistem kendaraan listrik," kata Darmawan dalam keterangannya, Jumat (30/6/2023).

Pembangunan SPKLU di Papua ini merupakan langkah nyata yang dilakukan oleh PLN dalam mendorong pertumbuhan kendaraan listrik untuk menyukseskan transisi energi menuju kendaraan berbasis ramah lingkungan demi mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060. 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono berharap dengan dibangunnya SPKLU tersebut akan mendorong pemakaian kendaraan listrik di kalangan masyarakat umum di Tanah Papua.

Budiono menyampaikan, PLN juga akan terus memperbanyak fasilitas pengisian daya secara bertahap dan tersebar di wilayah Papua. Salah satunya, kata dia PLN juga berencana menambah satu unit SPKLU di Biak. 

Menurutnya, dengan tersedianya SPKLU, masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk mengisi baterai kendaraan listrik. Selain itu, beberapa fitur di PLN Mobile diklaim dapat memudahkan para pengguna kendaraan listrik mengetahui lokasi keberadaan SPKLU terdekat melalui electric vehicle digital services (EVDS).

“Fasilitas pengisian daya tersebut dapat diketahui secara mudah karena sudah terintegrasi dengan sistem. Tak berhenti di situ, masyarakat juga dimudahkan dengan platform marketplace untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listriknya,” kata Budiono.

Sebagai informasi, PLN juga memberikan promo diskon 30 persen tarif listrik pada pukul 22.00 WIT hingga 05.00 WIT bagi pelanggan yang mengisi daya mobil listriknya di rumah.

Adapun secara nasional, PLN saat ini telah menyediakan 616 unit yang tersebar sebanyak 284 lokasi di seluruh penjuru tanah air. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 267 unit di 197 lokasi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper