Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Ekonomi: Jadwal KAI Jual Tiket Mudik dan Prediksi Inflasi Semester II/2023

Kabar penjualan tiket kereta periode lebaran dan prediksi inflasi pada semester II/2023 jadi berita terpopuler Kanal Ekonomi.
Penumpang Kereta Api menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Berita mengenai penjualan tiket kereta api masa Angkutan Lebaran 1444 H mendapat banyak perhatian pembaca di Kanal Ekonomi Bisnis.com.

Lalu, ada juga berita mengenai keyakinan Bank Indonesia (BI) mengenai perkiraan inflasi pada semester II/2023.

Berikut daftar lengkap 5 berita terpopuler Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Mulai 26 Februari, KAI Buka Penjualan Tiket Mudik Lebaran 2023

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1444 H mulai Minggu (26/2/2023).

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menjelaskan untuk penjualan tiket angkutan lebaran tahun ini, pihaknya mulai menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan. Pada 26 Februari 2023 mendatang, pelanggan sudah dapat membeli tiket untuk keberangkatan 12 April 2023.

Adapun, pada kondisi selain di luar masa angkutan lebaran, KAI menerapkan kebijakan untuk penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan.

2. BI Yakin Tingkat Inflasi Turun ke 3,5 Persen pada Semester II/2023

Bank Indonesia optimistis laju inflasi akan terjaga pada kisaran 2 hingga 4 persen pada semester kedua 2023.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan bahwa hingga Januari 2023, laju inflasi domestik telah menurun lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Pada Januari 2023, inflasi indeks harga konsumen (IHK) tercatat rendah sebesar 0,34 persen secara bulanan.

3. Tok! BI Tahan Suku Bunga Acuan BI7DRR 5,75 Persen

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 15-16 Februari 2023 memutuskan menahan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) tetap 5,75 persen.

"Rapat Dewan Gubernur [RDG] Bank Indonesia pada 15 dan 16 Februari 2023 memutuskan menahan BI 7-Day Reverse Repo Rate [BI7DRR] sebesar menjadi 5,75 persen," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (16/2/2023).

Sejalan dengan keputusan tersebut, suku bunga Deposit Facility tetap di level 5 persen, dan suku bunga Lending Facility tetap 6,5 persen.

4. Jokowi Buka Suara soal RI Utang Lagi ke China untuk Kereta Cepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai potensi penambahan utang PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) kepada China Development Bank (CDB) untuk menambal biaya bengkak proyek kereta cepat.

Jokowi mengatakan terkait dengan penambahan utang saat ini pemerintah memang lebih mengutamakan untuk menghadirkan transportasi massal, salah satunya adalah kereta cepat Jakarta-Bandung agar segera terealisasi.

5. Garuda Indonesia (GIAA) Menangkan Gugatan Lawan Greylag di Prancis

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA) melalui anak usahanya, Garuda Indonesia Holiday France (GIHF) di Prancis, berhasil memenangkan gugatan judicial release yang diajukan GIHF atas lessor pesawat Greylag 1410 dan Greylag 1446 Gugatan tersebut terkait perkara 'Provisional Attachment' atau sita sementara rekening GIHF pada 2022 lalu.

Langkah hukum tersebut merupakan rangkaian upaya hukum oleh Greylag 1410 dan Greylag 1446 yang sebelumnya telah ditempuh di sejumlah negara dan telah ditolak oleh otoritas hukum masing-masing negara terkait.

Melalui putusan tersebut, Paris Civil Court memberikan pembebasan penuh atas sita sementara rekening GIHF yang sebelumnya diajukan Greylag 1410 dan Greylag 1446. Pengadilan juga memerintahkan kepada kedua lessor untuk membayar kepada GIHF sebesar 230.000 euro sehubungan dengan biaya yang timbul terkait langkah hukum tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper