Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol Rp15 Triliun Milik Astra Segera Dibangun, Ini Lokasinya

Jalan tol milik Astra dengan biaya investasi Rp15 triliun bakal mulai dibangun tahun ini. Berikut ini lokasinya.
Ilustrasi Proyek Jalan Tol - JIBI/Bisnis.
Ilustrasi Proyek Jalan Tol - JIBI/Bisnis.

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan tol milik Astra yakni Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat direncanakan mulai dibangun pada tahun ini dengan biaya investasi mencapai Rp15,37 triliun.

Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat ini diprakarsai oleh PT Pama Persada Nusantara yang merupakan entitas anak dari PT United Tractors Tbk. yang saham mayoritasnya dimiliki oleh PT Astra International Tbk.

Dalam pelelangan pengusahaan jalan tol Sentul Selatan-Karawang Barat, Pama diketahui masuk melalui entitasnya PT Persada Utama Infra yang membentuk konsorsium dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Adhi Karya (Persero) Tbk., dan PT Hutama Karya Infrastruktur.

Proyek yang menerapkan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) ini merupakan bagian dari rencana pengembangan Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang memiliki panjang 61,5 kilometer dengan titik awal (Sta. 0+000) di JC Sentul dengan titik akhir (Sta. 61+500) di JC Karawang Barat.

Secara teknis, jalan tol tersebut rencananya dibangun untuk kecepatan 100 km per jam dengan lebar lajur 3,5 m. Jalan tol itu akan memiliki 3 jumlah junction, dan 6 ramp on/off dan 2 interchange.

Dari sisi investasi, Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang dibangun dengan biaya investasi Rp15,37 triliun. Proyek tersebut memiliki internal rate of return (IRR) 18,55 persen dan net present value (NPV) Rp2,77 triliun.

Menurut catatan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, aktivitas di kawasan Sentul-Karawang dilayani oleh jalan nontol, Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Cikampek. 

Tingkat kejenuhan lalu lintas di jalan nontol maupun Jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tol Cikampek pada saat jam puncak sudah cukup parah. Hal tersebut diperparah karena ketiganya merupakan akses untuk Kawasan Industri Karawang dan sering dilalui oleh truk-truk berat.

Keberadaan Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat diharapkan dapat menjadi rute alternatif. Selain itu, keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat mengurai lalu lintas serta menjadi akses untuk mendukung pengembangan kawasan industri, pertanian, dan pariwisata di Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Karawang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper