Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop 2022: Daftar 7 Bansos yang Digelontorkan Jokowi

Simak kaleidoskop 2022, khususnya daftar 7 bansos yang digelontorkan oleh Presiden Jokowi sepanjang tahun ini.
Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM), sembako, dan BLT bagi peserta program keluarga harapan (PKH) di Kantor Pos Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, pada Rabu, 14 September 2022. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.
Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM), sembako, dan BLT bagi peserta program keluarga harapan (PKH) di Kantor Pos Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, pada Rabu, 14 September 2022. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Bisnis.com, JAKARTA – Kaleidoskop 2022 kali ini membahas daftar 7 bantuan sosial atau bansos yang digelontorkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepanjang tahun ini. 

Pemerintah masih menggelontorkan anggaran perlindungan sosial dalam jumlah yang besar pada tahun ini sebagai jaring pengaman sosial dan guna menjaga daya beli masyarakat, dari dampak pandemi Covid-19.

Pada konferensi pers APBN Kita Desember 2022, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa pemerintah telah merealisasikan anggaran perlindungan sosial sebesar Rp394,0 triliun untuk program yang reguler per 14 Desember 2022.

“APBN yang langsung diberikan dan diterima masyarakat, yaitu dalam bentuk perlindungan sosial dan berbagai bantuan sosial, sudah terealisasi Rp394 triliun,” katanya.

Daftar 7 Bansos yang Digelontorkan Jokowi Sepanjang 2022

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Untuk program perlindungan sosial reguler, pertama, pemerintah memberikan bantuan Program Keluarga Harapan, telah terealisasi sebesar Rp28,3 triliun kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

2. Kartu Sembako 

Kedua, pemerintah memberikan bantuan berupa Kartu Sembako, yang telah terealisasi sebesar Rp44,5 triliun, kepada sebanyak 18,8 juta KPM.

3. BLT Minyak Goreng 

Ketiga, pemerintah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng. Bantuan diberikan dengan besaran Rp100.000 per bulan selama 3 bulan guna untuk menjaga daya beli masyarakat karena lonjakan harga minyak goreng.

Pemerintah telah merealisasikan anggaran untuk BLT minyak goreng sebesar Rp7 triliun kepada sebanyak 23,9 juta penerima.

4. Bantuan Warung dan PKL 

Keempat, pemerintah juga memberikan bantuan tunai untuk pedagang kaki lima, warung dan nelayan (PKL-WN), yang telah terealisasi sebesar Rp1,3 triliun kepada sebanyak 2,1 juta penerima.

Bantuan ini diberikan sebesar Rp100.000 per bulan selama 3 bulan, yang langsung disalurkan oleh TNI dan Polri.

5. BLT Dana Desa 

Kelima, pemerintah memberikan BLT Desa, yang telah direalisasikan sebesar Rp26,4 triliun kepada sebanyak 7,5 juta KPM.

6. Kartu Prakerja 

Keenam, pemerintah melanjutkan Program Kartu Prakerja pada tahun ini. Pagu anggaran Program Kartu Prakerja awalnya ditetapkan sebesar Rp11 triliun.

Pada September–Oktober, terdapat penambahan pagu sebesar Rp7 triliun, sehingga total anggaran Program Kartu Prakerja menjadi Rp18 triliun.

Pemerintah mencatat, realisasi anggaran untuk Program Kartu Prakerja hingga November 2022 telah mencapai 99 persen dari pagu yang ditetapkan, kepada sebanyak 5,1 juta peserta.

7. BLT Subsidi BBM 

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan tambahan, sebagai pengalihan subsidi BBM. Sebagaimana diketahui, pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi pada September 2022

Untuk tetap menjaga daya beli masyarakat, pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk BLT, subsidi upah, dan dukungan kepada sektor transportasi, khususnya angkutan umum, ojek, dan nelayan, melalui anggaran pemerintah daerah, yaitu sebesar 2 persen dari dana transfer umum.

Per 14 Desember 2022, pemerintah telah merealisasikan anggaran untuk BLT BBM sebesar 12,4 triliun kepada 20,65 juta KPM. Bantuan ini diberikan sebesar Rp150.000 per bulan selama 4 bulan. Bantuan diberikan sebanyak dua kali masing-masing Rp300.000.

Untuk bantuan subsidi upah, telah terealisasikan anggaran sebesar Rp7,7 triliun hingga 9 Desember 2022. Untuk bantuan ini, pemerintah menyasar sebanyak 16 juta pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan. Bantuan diberikan sebesar Rp600.000 untuk 1 bulan.

Kemudian, realisasi anggaran dengan menggunakan APBN telah mencapai Rp3,1 triliun hingga 9 Desember 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper