Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiket Pulau Komodo Batal Naik, WNI Bisa Masuk Cukup Bayar Rp5.000

Tiket masuk Taman Nasional Komodo, sebesar Rp150.000 untuk wisatawan mancanegara (WNA) dan Rp5.000 untuk wisatawan nusantara (WNI).
Pintu gerbang Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bisnis-Ni Luh Anggela
Pintu gerbang Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Bisnis-Ni Luh Anggela

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pembatalan harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo sebesar Rp3,75 juta per orang per tahun, dan kembali ke tarif sebelumnya.

“Kami menjamin tidak ada kenaikan tarif, keamanan dan kenyamanan wisatawan akan kami utamakan,” tegas Sandi dalam Weekly Pres Brief Kemenparekraf, Senin (19/12/2022).

Menurutnya pembatalan tersebut dengan dasar bahwa besaran tarif telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 12/2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan negara Bukan Pajak Berlaku Pada Kementerian Kehutanan.

“Selama PP ini berlaku, tarif masih akan tetap berlaku yang sama,” tambah Sandiaga.

Sandiaga pun mengapresiasi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang resmi mencabut aturan tersebut. Selain itu, Sandi juga menekankan bahwa terkait konservasi akan kembali dikaji untuk memastikan kelestarian lingkungan dan komodo tetap terjaga.

Dengan demikian, mengacu pada PP tersebut, untuk tiket masuk taman nasional yang berada di wilayah Nusa Tenggara, seperti Taman Nasional Komodo, sebesar Rp150.000 untuk wisatawan mancanegara (WNA) dan Rp5.000 untuk wisatawan nusantara (WNI).

Berdasarkan informasi dari laman resmi Taman Nasional Komodo, tarif tiket masuk bagi WNI untuk hari Senin-Sabtu sebesar Rp5.000 per orang per hari, untuk Minggu dan libur nasional Rp7.500/orang/hari.

Harga tiket masuk bagi wisatawan mancanegara sebesar Rp150.000 per orang per hari (Senin-Sabtu) atau Rp225.000 untuk Minggu dan hari libur nasional.

Sandiaga melaporkan, berdasarkan data Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores per November 2022, jumlah kunjungan wisatawan, baik nusantara dan mancanegara, ke Labuan Bajo telah mencapai 155.712 wisatawan per November.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina menyampaikan dari sisi operator perjalan sudah mulai mendapatkan pesanan.

“Teman teman operator sudah mulai mendapatkan pesanan ke Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo dan sepertinya memang demand mulai tinggi karena ada konser akhir tahun juga,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper