Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Kreatif: Ciri-ciri, Manfaat, Jenis dan Upaya Meningkatkannya

Ekonomi kreatif adalah salah satu bentuk pengembangan konsep ekonomi. Simak penjelasan lengkapnya. 
Ekonomi kreatif/Pexel
Ekonomi kreatif/Pexel

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonomi kreatif adalah proses ekonomi yang termasuk kegiatan produksi dan distribusi barang atau jasa di dalamnya yang membutuhkan gagasan dan ide kreatif serta kemampuan intelektual dalam membangunnya. Ekonomi kreatif merupakan gabungan dua kata yang masing-masing memiliki makna tersendiri. 

Ekonomi kreatif awalnya merupakan aliran ekonomi baru yang lahir pada awal abad ke-21. Aliran ekonomi tersebut diketahui mengutamakan nilai intelektual dalam menciptakan uang, menambah kesempatan kerja dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat. Dalam konsep ekonomi kreatif, salah satu hal terbesar yang dibutuhkan adalah kreativitas. Hal itu karena industri kreatif merupakan inti dari bidang ekonomi kreatif yang digerakkan oleh para kreator dan inovator. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang ekonomi kreatif yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Manfaat ekonomi kreatif

  • Membuka lapangan pekerjaan baru 
    Ekonomi kreatif tidak hanya berpengaruh terhadap perkembangan inovasi dan segi kreativitas masyarakat saja, namun juga membuka jalan untuk lapangan pekerjaan baru. Semakin banyaknya inovasi dan kreativitas dari orang-orang yang membuka bisnis, maka akan semakin banyak juga produk-produk baru yang dihasilkan. 
  • Meningkatkan inovasi di berbagai bidang 
    Dengan munculnya ide-ide yang baru, masyarakat juga akan semakin mudah dalam memenuhi kebutuhannya dengan terus meningkatkan inovasi di berbagai bidang. Peningkatan inovasi di berbagai bidang industri juga secara tidak langsung akan meningkatkan pemerataan ekonomi di berbagai bidang. 
  • Mengurangi angka pengangguran 
    Bidang ekonomi kreatif bisa mengurangi angka pengangguran karena seiring berjalannya waktu, sektor-sektor industri ekonomi kreatif juga akan terus berkembang dan akan semakin banyak membutuhkan sumber daya manusia. Hal inilah yang nantinya akan mengurangi angka pengangguran. 

2. Ciri-ciri ekonomi kreatif

  • Mudah diganti atau diubah 
    Suatu produk yang dihasilkan dari usaha ekonomi kreatif akan mudah diganti dan diubah menurut keinginan konsumen. Fleksibilitas dalam pembuatan produk ini bisa meningkatkan kenyamanan pada konsumen karena merasa kebutuhan atau keinginannya bisa dipenuhi oleh sebuah perusahaan. 
  • Tidak ada Batasan 
    Ide kreatif dan inovatif akan selalu ada dan tidak ada matinya, hanya saja tergantung dari kita ingin mengasah ide-ide kreatif atau tidak. Karena itu, pengembangan ekonomi kreatif tidak ada batasannya. 
  • Memerlukan Kerja sama
    Dalam mengembangkan ekonomi kreatif sangat dibutuhkan kerja sama agar usaha yang dibangun menjadi maksimal. Karena dengan kerja sama, akan ada banyak ide kreatif yang muncul, sehingga produk yang dihasilkan akan selalu menarik perhatian konsumen. 
  • Memiliki nilai budaya
    Beberapa usaha kreatif yang mengandung nilai-nilai budaya, seperti usaha batik, usaha kerajinan tangan, hingga usaha film. Karena itu, produk-produk ekonomi kreatif yang memiliki nilai-nilai budaya bisa diekspor. 
  • Bisa mengikuti tren dengan mudah 
    Salah satu kelebihan dari ekonomi kreatif adalah bisa mengikuti tren dengan mudah. Dengan kata lain, suatu produk yang ingin diciptakan sangat fleksibel karena bisa diubah-ubah. sehingga akan banyak konsumen yang ingin membeli produk yang sedang tren.

3. Faktor pendorong ekonomi kreatif

  • Tenaga kerja 
    Tenaga kerja menjadi faktor utama. Hal ini dikarenakan manusia sebagai sumber daya yang menjadi penggerak perekonomian ini. Jika tenaga kerja yang menjadi sumber daya manusianya memadai dan berkualitas, maka perekonomian yang dijalankan juga akan berjalan dengan baik. 
  • Kreativitas dalam sektor ekonomi
    Kreativitas sendiri merupakan suatu proses mental seseorang dalam memunculkan ide dan gagasan yang sifatnya baru. Kreativitas yang ada dalam perekonomian biasanya memiliki tujuan untuk meningkatkan pemasukan dan hasil perekonomian. Objek dalam perekonomian ini umumnya berbentuk barang dan jasa kreatif hasil inovasi dan pemikiran manusia, sehingga perekonomian ini disebut sebagai ekonomi kreatif. 
  • Teknologi maju 
    Kemudahan akses yang bisa kamu ambil dari kemajuan teknologi bisa membantu perekonomian semakin maju. jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi bisa menekan kesulitan dan masalah yang ditemukan dalam proses perekonomian ini. 
  • Media sosial 
    Media sosial bisa digunakan dengan berbagai tujuan penggunaannya. Penggunaan media sosial tentunya bisa digunakan oleh para ekonom yang salah satunya bergerak di dalam ekonomi ini. 
  • Kemudahan dalam akses komunikasi
    Akses komunikasi yang mudah tentunya akan membantu para pelaku ekonomi ini dalam melakukan usaha industrinya. Pengakuan dan apresiasi publik dibutuhkan oleh pelaku ekonomi ini untuk terus berkarya dan mengembangkan potensinya. 

Kemudahan dalam akses komunikasi akan memberikan dampak positif yang sangat besar. Jika hal ini benar-benar terwujud maka perekonomian akan terus menghasilkan keuntungan dalam proses pemasarannya yang semakin luas efek akses yang mudah ini. 

4. Konsep ekonomi kreatif

  • Inovasi 
    Inovasi merupakan ide dan gagasan yang kreatif dengan memanfaatkan penemuan yang sudah ada untuk menghasilkan suatu produk atau proses yang dapat bernilai tambah dan bermanfaat. Inovasi juga bisa menghasilkan sesuatu dengan nilai jual yang lebih tinggi dan lebih bermanfaat. 
  • Kreativitas 
    Dalam hal ini, kreativitas diperlukan untuk menciptakan sesuatu yang unik, fresh dan bisa diterima secara umum. Kreativitas juga bisa menghasilkan ide baru sebagai solusi dari suatu masalah atau melakukan hal berbeda yang sudah ada. 
  • Penemuan 
    Penemuan merupakan penciptaan suatu yang belum pernah ada sebelumnya sehingga bisa diakui sebagai karya yang memiliki fungsi unik. Dengan menggabungkan ketiga konsep ekonomi kreatif ini, pengusaha akan lebih mampu untuk bersaing dengan pebisnis lain. 

5. Jenis-jenis ekonomi kreatif

  • Arsitektur 
    Dengan kreativitas dan inovasi, arsitektur bisa mengubah lingkungan ataupun ruang menjadi bangunan untuk keperluan manusia. Tidak hanya membantu manusia dalam membangun sesuatu yang sifatnya pribadi, arsitektur juga bisa digunakan untuk pembangunan fasilitas umum. 
  • Musik 
    Bidang musik melibatkan penciptaan lagu. Mulai dari proses rekaman hingga distribusinya. Tidak hanya bernilai ekonomi, musik juga bisa membawa manfaat untuk kebudayaan dan kehidupan sosial. 
  • TV dan radio
    TV dna radio merupakan jenis elektronik yang banyak dimiliki masyarakat untuk mendapatkan hiburan sekaligus pengetahuan. Dalam menjalani bidang industri yang satu ini, dibutuhkan sumber daya manusia yang kreatif. 
  • Fashion 
    Dalam bisnis ini, tidak hanya produksi pakaian tetapi juga beserta aksesorisnya seperti tas, jam tangan, sepatu hingga dompet. Selain memproduksi bidang ekonomi kreatif yang satu ini biasanya mengadakan konsultasi dan distribusi produk. 
  • Aplikasi 
    Aplikasi merupakan bidang industri kreatif yang banyak disukai di era serba teknologi sekarang ini. Munculnya aplikasi bisa memudahkan manusia untuk beraktivitas. Jadi, lebih hemat waktu dan tenaga. 

6. Subtektor ekonomi kreatif

  • Desain interior.
  • Musik.
  • Aristektur.
  • Pengembangan permainan.
  • Seni rupa.
  • Kuliner.
  • Fotografi.
  • Seni pertunjukan.
  • Kriya.

7. Upaya meningkatkan ekonomi kreatif

  • Membuat Roadmap Industri kreatif yang melibatkan berbagai Lembaga pemerintah dan kalangan swasta.
  • Membuat Indonesia Creative Council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif.
  • Membuat program komprehensif untuk menggerakkan industri kreatif melalui Pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, desain, mutu dan pengembangan pasar.
  • Menyiapkan insentif untuk memacu pertumbuhan industri kreatif berbasis budaya. Insentif tersebut meliputi perlindungan produk budaya, kemudahan memperoleh dana pengembangan dan fasilitas pemasaran. 

Itulah beberapa hal tentang ekonomi kreatif yang mungkin kamu belum ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper