Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Efek Citayam Fashion Week, Pengguna KRL Sudirman Naik 8 Persen

Di tengah riuhnya Citayam Fashion Week, pengguna KRL di kawasan Stasiun Sudirman weekend ini naik 8 persen ketimbang pekan sebelumnya.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 24 Juli 2022  |  18:56 WIB
Efek Citayam Fashion Week, Pengguna KRL Sudirman Naik 8 Persen
Seorang remaja berada di kawasan Dukuh Atas, Jakarta, Senin (11/7/2022). Area di sekitar Taman Stasiun MRT Dukuh Atas belakangan ini menjadi salah satu ruang publik yang ramai didatangi para remaja usia belasan tahun dengan mengenakan busana yang mereka anggap menarik dari pinggiran Jakarta, seperti Citayam, Bojonggede, Depok, hingga Tanjung Priok. Keberadaan mereka dengan mode busananya ini memunculkan istilah Citayam Fashion Week. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT KCI Commuter Indonesia alias KAI Commuter memaparkan adanya kenaikan jumlah penumpang KRL pada libur akhir pekan ini. Salah satu pendorong tren ini adalah fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Stasiun Sudirman.

Titik yang terhubung langsung dengan Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat (Jakpus) tersebut belakangan makin sering dipadati oleh muda-mudi untuk melepas penat. Para pengunjung yang meramaikan wilayah ini banyak berasal dari kawasan penyangga ibu kota seperti Citayam, Bojong Gede dan Depok.

Pengaruh Citayam Fashion Week tercermin dari adanya peningkatan volume penumpang di Stasiun Sudirman. Hal tersebut seolah diamini oleh pihak KAI Commuter.

"Stasiun Sudirman juga mengalami kenaikan volume penggunanya, tercatat sebanyak 10.089 orang atau naik 8 persen. Sementara itu, volume pengguna di Stasiun Jakarta Kota tercatat sebanyak 8.655 pengguna," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba melalui keterangan resmi, Minggu (24/72022).

Secara keseluruhan, Anne menjelaskan perjalanan KRL Jabodetabek di libur akhir pekan ini terpantau lancar.

KAI Commuter mencatat jumlah pengguna yang naik KRL Jabodetabek hingga pukul 17.00 WIB sebanyak 303.488 orang. Stasiun Bogor merupakan stasiun dengan angka keberangkatan pengguna tertinggi. Ada 21.058 orang yang naik KRL dari stasiun tersebut. Sedangkan untuk stasiun tujuan, Stasiun Tanah Abang merupakan stasiun tujuan pengguna dengan angka tertinggi yaitu sejumlah 16.236 orang.

Sementara itu, tercatat kenaikan volume pengguna di beberapa stasiun hingga pukul 17.00 WIB seperti di Stasiun Tanah Abang yaitu sebanyak 15.207 orang atau naik 5 persen jika dibanding pada minggu lalu pada waktu yang sama. 

Secara keseluruhan, persebaran volume pengguna KRL Jabodetabek hingga pukul 17.00 WIB didominasi oleh pengguna di lin Bogor dengan total sebanyak 94.723 pengguna dan pada perjalanan KRL lin Rangkasbitung yaitu sebanyak 55.725 pengguna. KAI Commuter juga mencatat sebanyak empat persen atau sebanyak 13.426 pengguna dari total volume adalah pengguna musiman yang memanfaatkan libur akhir pekan ini dengan menggunakan transportasi KRL.

KAI Commuter mengajak seluruh pengguna untuk selalu menjalankan protokol kesehatan selama menggunakan KRL. Bagi pengguna yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. Usahakan untuk menghindari jam-jam ramai pengguna KRL pada hari libur yaitu pukul 10.00 – 17.00 WIB. Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan.

Gunakan KMT atau kartu uang elektonik bank agar terhindar dari antrean saat di stasiun. Bawa barang bawaan secukupnya dan sesuai dimensi ukuran yaitu 40 x 30 x 100 cm. Informasi lengkap seputar perjalanan KRL dapat dilihat melalui akun media sosial @commuterline atau call center 121.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

citayam scbd krl krl jabodetabek KCIC transportasi
Editor : Herdanang Ahmad Fauzan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top