Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HSBC Pertimbangkan IPO di Indonesia

Rencana HSBC melepas saham di Indonesia sudah dalam tahap lanjut. Perusahaan belum mengajukan aplikasi IPO resmi, tetapi regulator sudah mengetahui niatan bank asal Inggris ini.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 26 Mei 2022  |  14:11 WIB
HSBC Pertimbangkan IPO di Indonesia
Gedung HSBC di London, Inggris, Rabu (8/8/2018). - Reuters/Hannah McKay

Bisnis.com, JAKARTA - HSBC Holdings Plc tengah menjajaki rencana pencatatan saham perdana di Indonesia seiring dengan besarnya minat investor di negara ini.

Dilansir Bloomberg pada Kamis (26/5/2022), menurut sumber anonim, rencana penjualan saham di Indonesia sudah dalam tahap lanjut. Perusahaan belum mengajukan aplikasi IPO resmi, tetapi regulator sudah mengetahui niatan bank asal Inggris ini.

Juru bicara HSBC menolak untuk memberikan komentar terkait hal ini. Sementara itu, jubir Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan tidak memberikan komentar terkait dengan aksi korporasi.

Rencana ini menjadi bukti pemenuhan janji regulator yang pada saat usai integrasi sepenuhnya antara HSBC dengan bank PT Bank Ekonomi Raharja pada 2015. Pada saat itu, regulator mengatakan proses listing membutuhkan waktu beberapa tahun.

Perlu diketahui, HSBC mengakuisisi 88,9 persen saham PT Bank Ekonomi Raharja pada 2008 dengan nilai kesepakatan US$607,5 juta.

Perusahaan membukukan laba sebelum pajak US$129 juta pada 2021. Pada 2020, perusahaan memiliki 69 cabang di 24 kota di seluruh Nusantara. Bisnisnya meliputi komersial, investasi, manajemen kekayaan, dan personal banking.

HSBC berada di tengah poros Asia setelah mengalihkan miliaran dolar modal dan membuat investasi baru seiring dengan penjualan bisnis yang tidak menguntungkan di kawasan lainnya.

Bank ini juga menolak desakan Ping An Insurance Group Co untuk melakukan spin-off bisnisnya di Asia dalam upaya untuk meningkatkan imbal hasil.

Saham HSBC di Asia Tenggara telah meneguk keuntungan seiring dengan penurunan pasar di AS, Eropa, dan China di tengah risiko ekonomi dan politik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo hsbc

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top