Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemulihan Industri Penerbangan Makin Dekat, Ini Tanda-tandanya

PT Angkasa Pura I menuturkan tanda-tanda pemulihan industri penerbangan yang makin dekat.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  16:09 WIB
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.  - Kementerian BUMN
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. - Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I optimistis tren peningkatan pergerakan pada periode lebaran 2022 berlanjut menjadi momentum pemulihan industri penerbangan.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menjabarkan selama periode angkutan lebaran 2022 pada 25 April hingga 10 Mei 2022, Angkasa Pura I mencatat telah melayani lebih dari 2485 juta penumpang dan 21.441 pergerakan pesawat udara.

Angka tersebut mengalami peningkatan pergerakan penumpang sebesar 359 persen dan pesawat 200 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Bercermin dari data tersebut, Faik menilai minat masyarakat untuk bepergian menggunakan pesawat udara cukup tinggi karena dinilai perjalanan menggunakan pesawat udara lebih singkat, efisien, dan cenderung aman dari penyebaran Covid-19.

“Ke-depannya, dengan melihat angka pergerakan angkutan udara yang semakin meningkat pada angkutan lebaran 2022 serta persyaratan perjalanan orang melalui jalur udara yang semakin mudah, kami optimis dunia penerbangan akan mulai bangkit seperti sebelumnya," katanya, Selasa (17/5/2022).

Perseroan pun berharap dapat kembali melayani pengguna jasa bandara dengan lebih optimal.

Berdasarkan data trafik yang diperoleh, PT Angkasa Pura I mencatat Bandara Juanda Surabaya menempati peringkat pertama dengan jumlah statistik penerbangan tertinggi dari 15 bandara kelolaan selama arus mudik libur Lebaran 2022, di mana pada periode 25 April hingga 1 Mei, terdapat sebanyak 78.228 penumpang dan 461 pesawat terlayani. Hal ini membuktikan bahwa minat masyarakat untuk bepergian menuju Surabaya menggunakan pesawat cukup tinggi.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menempati urutan kedua dengan melayani sebanyak 57.724 penumpang dan 330 pergerakan pesawat. Sedangkan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menempati urutan ketiga bandara dengan catatan jumlah rute penerbangan arus mudik libur Lebaran terbanyak, dengan melayani 30.006 penumpang dan 243 pesawat.

Sementara itu, untuk arus balik libur Lebaran 2022 pada 4-10 Mei 2022, rute penerbangan tertinggi pertama adalah rute dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan jumlah 107.925 penumpang dan 635 pergerakan pesawat terlayani.

Rute penerbangan tertinggi kedua dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Juanda Surabaya yang melayani 67.209 penumpang dan 393 pesawat. Sedangkan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menempati urutan ketiga jumlah rute penerbangan arus mudik Lebaran 2022 dengan melayani 40.370 penumpang dan 418 pesawat.

Adapun, untuk realisasi extra flight terbanyak di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I pada angkutan Lebaran 2022 diduduki oleh Bandara Juanda Surabaya dengan realisasi sebanyak 239 extra flight, serta disusul oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan realisasi 204 extra flight, dan Bandara Internasional Yogyakarta dengan realisasi sebanyak 139 penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan angkasa pura i
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top