Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kondisi Ekonomi Membaik, Indeks Keyakinan Konsumen Melesat di April 2022

Indeks Keyakinan Konsumen [IKK] April 2022 mencapai sebesar 113,1, meningkat dari 111,0 pada bulan sebelumnya.
Pedagang daging sapi segar melayani konsumen, di  Pasar Modern, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (2/6/2019)./Bisnis-Endang Muchtar
Pedagang daging sapi segar melayani konsumen, di Pasar Modern, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (2/6/2019)./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat pada April 2022.

“Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen [IKK] April 2022 sebesar 113,1, meningkat dari 111,0 pada bulan sebelumnya,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI melalui keterangan resmi, Rabu (11/5/2022).

Peningkatan IKK pada April tersebut didorong oleh meningkatnya persepsi konsumen terhadap ekonomi saat ini, terindikasi dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) April 2022 yang tercatat sebesar 98,9, lebih besar dari 93,9 pada bulan sebelumnya.

Di samping itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap berada di level optimis meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya, ditopang terutama oleh ekspektasi penghasilan.

Hal ini tercermin dari IEK April 2022 yang berada pada level 127,2, sedikit termoderasi dari bulan sebelumnya sebesar 128,1.

BI mencatat, peningkatan IKK terpantau pada mayoritas kategori pengeluaran, tertinggi pada responden dengan pengeluaran >Rp5 juta per bulan.

IKK juga terpantau meningkat pada mayoritas kelompok usia responden dengan kenaikan terbesar pada responden berusia 51-60 tahun.

Secara spasial, kenaikan IKK terjadi di 9 wilayah cakupan survei, terbesar di kota Bandar Lampung, diikuti kota Samarinda dan Denpasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper