Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usulan Uni Eropa Soal Minyak Bikin Hungaria 'Menjerit'

Sanksi baru menjadi tindakan putaran keenam Uni Eropa terhadap Rusia.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 01 Mei 2022  |  19:39 WIB
Usulan Uni Eropa Soal Minyak Bikin Hungaria 'Menjerit'
Rangkaian kereta pengangkut minyak mentah, bahan bakar, dan gas cair dalam posisi miring di stasiun kereta Yanichkino, menuju ke kilang Gazprom Neft PJSC Moscow di Moskow, Rusia - Bloomberg/Andrei Rudakov
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Uni Eropa akan mengusulkan pelarangan minyak Rusia pada akhir tahun dengan pembatasan impor secara bertahap oleh beberapa negara anggota. Namun, keputusan ini mendapat protes dari Hungaria.

Dilansir Bloomberg pada Minggu (1/5/2022), menurut sumber anonim, Uni Eropa juga akan memberikan sanksi bagi beberapa bank Rusia dan Belarus termasuk Sberbank PJSC agar ditutup dari sistem keuangan internasional SWIFT.

Keputusan tentang sanksi baru yang merupakan tindakan putaran keenam Uni Eropa terhadap Rusia, akan segera dilakukan pada pekan depan pada pertemuan duta besar blok tersebut.

Di sisi lain, Hungaria menegaskan bahwa sanksi tersebut dapat memukul anggota blok lebih parah dari Moskow.

Menteri Kabinet Hungaria Gergely Gulyas mengatakan penting bagi blok tersebut untuk tidak menerima sanksi yang menghalangi impor minyak mentah atau gas alam Rusia.

Gulyas tidak mengatakan apakah Hungaria akan mencoba memveto langkah itu, yang disebut Perdana Menteri terpilih Viktor Orban disebut sebagai garis merahnya.

"Embargo bakal berarti kami harus membeli produk ini dari tempat lain dan yang lebih penting, kami tidak dapat menjamin mempertahankan harga utilitas subsidi atau pemanasan atau fungsi ekonomi,” kata Gulyas.

Hungaria menjadi salah satu negara yang sepakat dengan Rusia untuk mengonversi pembayaran gasnya menggunakan rubel, menguji kebijakan sanksi Uni Eropa. Negara ini memiliki ketergantungan besar terhadap minyak dan gas dari Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Minyak komoditas uni eropa Rusia Perang Rusia Ukraina
Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top