Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peminat Rumah Bersubsidi di Bekasi Masih Tetap Tinggi

Saat ini, Puri Harmoni Kertamukti memasarkan rumah bersubsidi dengan luas bangunan 27 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi dengan harga Rp168 juta. 
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  13:31 WIB
Gerbang masuk perumahan Puri Harmoni Kertamukti yang dikembangkan oleh Vista Land Group di Bekasi. - Istimewa
Gerbang masuk perumahan Puri Harmoni Kertamukti yang dikembangkan oleh Vista Land Group di Bekasi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pasar rumah bersubsidi di wilayah Bekasi, Jawa Barat, hingga kini masih sangat menarik karena besarnya potensi pasar rumah kelas bawah. 

Kawasan di Bekasi terutama Cibitung dan Cikarang merupakan wilayah yang banyak beroperasi pabrik dan industri berbagai bidang, dengan mempekerjakan puluhan ribu tenaga kerja atau karyawan. Mereka inilah yang menjadi target pasar empuk bagi pasar rumah subsidi.

Ardian Hendra, General Manager Regional Timur Vista Land Group, mengatakan bahwa kemudahan aksesibilitas ternyata juga menjadi pertimbangan utama para pekerjaan karena kalau aksesnya sulit, biaya transportasi ke tempat kerja akan lebih tinggi. 

“Maka kemudahan sarana transportasi dan akses jalan menjadi konsen bagi konsumen rumah subsidi,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (24/3/2022).

Menurutnya, Perumahan Puri Harmoni Kertamukti, Cibitung, Kabupaten Bekasi, yang dikembangkan Vista Land sangat diminati. Selain lingkungannya yang rapi, lokasi perumahan sangat dekat dengan Stasiun KRL Cibitung, Pasar Tradisional Cibitung, dan RSUD Kab. Bekasi. 

“Meski letaknya di Cibitung, Kabupaten Bekasi, konsumen rumah subsidi Puri Harmoni Kertamukti sebagian besar bekerja di DKI Jakarta. Mereka bekerja di Jakarta, tapi rumah di Bekasi karena waktu tempuh ke tempat kerja hanya sekitar 1 jam,” katanya.

Saat ini, Puri Harmoni Kertamukti memasarkan rumah bersubsidi dengan luas bangunan 27 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi dengan harga Rp168 juta sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah sejak 2020 atau selama 2 tahun ini harga tidak mengalami kenaikan. 

Menurut Ardian, penjualan rumah subsidi di Puri Harmoni Kertamukti tahun lalu sangat bagus, yaitu sekitar 350 unit dan hingga triwulan pertama 2022 ini, sudah terjual lebih kurang 50 unit. Pembelinya sebagian besar adalah karyawan swasta yang bekerja di Jakarta dan karyawan pabrik di Cibitung dan Cikarang. 

Untuk rumah bersubsidi, konsumen cukup membayar booking fee sebesar Rp1 juta, dan uang muka Rp2,5 juta. Jika persyaratan dokumen lengkap, mereka sudah bisa melakukan akad kredit di Bank BTN sebagai rekanan Puri Harmoni Kertamukti. 

Spesifikasi rumah subsidi adalah dinding batako, lantai keramik, rangka atap baja ringan, genteng beton, tembok belakang, sumur air, jalan cor beton. 

Selain rumah bersubsidi, ungkap Ardian, permintaan rumah komersial dengan harga terjangkau di Puri Harmoni Kertamukti juga meningkat signifikan. Peminatnya kebanyakan masyarakat berusia produktif, terutama kaum urban milenial, terutama pegawai BUMN, ASN, dan karyawan swasta. Mereka ini ingin memiliki rumah dengan luas tanah lebih besar dari yang standar. 

Untuk rumah komersial, Vista Land menawarkan luas bangunan 27 meter persegi dengan luas tanah lebih besar yaitu 90 meter persegi dan dibanderol dengan harga tunai Rp284 juta. 

“Untuk pembelian melalui KPR pada Maret 2022 ada diskon uang muka Rp20 jutaan. Jadi, konsumen hanya membayar booking fee Rp2 jutaan dan uang muka Rp4 jutaan, bisa langsung akad dengan angsuran Rp2 jutaan per bulan untuk tenor 20 tahun.”

Perumahan Puri Harmoni Kertamukti dikembangkan di lahan 14 hektare sejak 2020  dan sudah terjual hampir 400 unit rumah dan telah dihuni sekitar 150 KK. 

“Kini juga sedang dibangun 200 unit rumah untuk ready stock sehingga konsumen yang membeli tidak perlu menunggu lama untuk serah terima. Meski belum terjual, tapi kenyataannya rumah subsidi yang ready stock atau dalam progress pembangunan itu lebih cepat terjual,” ujar Ardian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bekasi perumahan rakyat rumah bersubsidi
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top