Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rubel Jatuh, Bank Sentral Rusia Langsung Intervensi Pasar Valas

Bank sentral Rusia akan melakukan intervensi pada pasar valuta asing untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  18:22 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021. - Antara/Reuters\r\n
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021. - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Bank of Russia menyatakan langkah darurat pertamanya sebagai upaya untuk menstabilkan pasar keuangan setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan menyerang Ukraina.

Dilansir Bloomberg pada Kamis (24/2/2022), bank sentral akan melakukan intervensi pada pasar valuta asing untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir.

Bank sentral juga akan mengekspansi daftar Lombard yang mencakup efek yang siap diterima oleh regulator sebagai agunan, kata bak sentral.

Pembuat kebijakan moneter tidak menyebutkan kenaikan suku bunga acuan, tetapi akan memberikan tambahan likuiditas kepada perbankan dengan menawarkan 1 triliun rubel (US$11,5 miliar).

Pada Kamis (24/2/2022), Putin telah memerintahkan pasukan militer Rusia menyerang target di seputar Ukraina dalam operasi demiliterisasi yang menyebabkan rubel terperosok ke level terendah.

Rubel mendekati 90 per dolar AS dalam perdagangan antar bank setelah Bursa Moskow menangguhkan transaksi di semua pasar.

Saham terbesar di negara itu, seperti Sberbank PJSC, Gazprom PJSC dan Lukoil PJSC semuanya turun lebih dari 10 persen pada awal sesi sebelum penghentian.

Gubernur Bank of Russia Elvira Nabiullina telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 525 basis poin sejak Maret 2021 untuk mengendalikan inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusia bank sentral rubel

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top