Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Hampir 40 Tahun, KAI Dorong Reaktivasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut

Jalur sepanjang 19 kilometer ini akan kembali dioperasikan pertama kali sejak 1983.
Pekerja menyelesaikan perawatan rutin jalur kereta di Jakarta, Rabu (6/10). Bisnis/Nurul Hidayat
Pekerja menyelesaikan perawatan rutin jalur kereta di Jakarta, Rabu (6/10). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersiap melayani masyarakat Garut dan sekitarnya melalui reaktivasi jalur kereta api Cibatu - Garut. Jalur sepanjang 19 kilometer ini akan kembali dioperasikan pertama kali sejak 1983.

“Untuk jalur Cibatu - Garut, seluruh aspek baik sarana, prasarana, serta SDM, semua telah siap. Namun kami masih berkordinasi dengan Kementerian Perhubungan setelah sebelumnya dilakukan safety assessment terkait jalur tersebut,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari siaran resmi, Selasa (15/2/2022).

Sebelumnya, peninjauan kesiapan pengoperasian jalur Cibatu - Garut telah dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, didampingi Direktur KAI dan Bupati Garut, Minggu (13/2/2022). Rangkaian uji coba serta trial and run akan terus dilakukan agar tahapan operasional dapat segera dilakukan secara komersial untuk masyarakat umum.

Dalam hal operasional kereta api, KAI menyebut unsur keselamatan sangat diperhatikan. Oleh sebab itu, KAI akan menjalankan jalur Cibatu - Garut setelah mendapatkan izin operasional dari Kementerian Perhubungan.

Sebagai informasi, KAI memulai reaktivasi jalur Cibatu - Garut sejak 2018. Selain jalur kereta api, KAI membangun kembali tiga stasiun yang dilewati yaitu Stasiun Pasirjengkol, Wanaraja, dan Garut. Pada proses reaktivasi ini, KAI menyatakan tetap menjaga kelestarian aset yang menjadi bagian dari sejarah Kabupaten Garut tersebut. Misalnya, pada pembangunan Stasiun Garut, KAI masih menjaga keaslian bentuk bangunannya.

“Untuk mengakomodasi pelanggan dengan jumlah yang lebih besar, KAI juga telah membangun gedung baru yang lebih megah dan modern di Stasiun Garut,” kata Joni.

Guna menunjang kenyamanan pelanggan, stasiun Garut dilengkapi dengan ruang VIP, ruang laktasi, pos kesehatan, ruang keamanan, area bermain anak, masjid, dan fasilitas lainnya.

Sebelumnya, KAI juga telah meresmikan Masjid Al-fattah yang didirikan di Stasiun Cibatu pada April 2021. Masjid ini dibangun dengan total luas 4.858 m2 dan dapat menampung hingga 1.150 orang. Masjid yang memiliki menara setinggi 30 meter ini dilengkapi dengan fasilitas pedestrian, taman, serta kamar mandi.

Dalam waktu dekat, Jalur Cibatu-Garut akan memberikan konektivitas bagi masyarakat Garut untuk menuju Bandung atau Jakarta dan sebaliknya. Hadirnya transportasi KA di Garut akan memberikan layanan yang nyaman dan tepat waktu bagi masyarakat.

“Reaktivasi jalur kereta api Cibatu - Garut juga diharapkan semakin memaksimalkan potensi wisata di wilayah Garut. Sehingga perekonomian masyarakat Garut akan kembali pulih dan terus meningkat,” tutup Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper