Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk di Dunia, Protokol Kesehatan Masih Terjaga?

AP II menjelaskan protokol kesehatan yang diterapkan kendati Bandara Soekarno-Hatta masuk bandara tersibuk di dunia.
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com
Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menilai Bandara Soekarno-Hatta dapat masuk daftar sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia lantaran penerapan protokol kesehatan yang ketat.

VP of Corporate Communications AP II Hufron Kurniadi mengatakan Bandara Soekarno-Hatta secara konsisten menjalankan protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi guna turut andil menjaga kepercayaan terhadap sektor angkutan udara nasional.

“Seluruh stakeholders menjalankan regulasi dan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 sehingga dapat turut menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan. Penerapan protokol kesehatan sesuai best practice global ini juga mendukung Bandara Soekarno-Hatta masuk dalam daftar bandara tersibuk di dunia pada Januari 2022," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (9/2/2022).

Dia juga berharap dengan memenuhi seluruh regulasi dan protokol kesehatan yang berlaku di tengah pandemi, sektor penerbangan nasional dapat berkontribusi optimal terhadap penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

Sementara itu, Executive General Manager Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta (KCU BSH) Agus Haryadi mengatakan saat ini penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta didominasi oleh penumpang rute domestik.

Setiap harinya, penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 95 persen merupakan penumpang rute domestik. Penerbangan internasional memang masih dibatasi. Hal ini menandakan bahwa Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara jangkar untuk penerbangan domestik dapat tetap menjaga konektivitas udara di Indonesia di tengah pandemi.

Perseroan, lanjutnya, bersama stakeholder dapat berkoordinasi dengan baik sehingga Bandara Soekarno-Hatta tetap beroperasi 24 jam setiap hari dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi.

Protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta sendiri telah mendapat berbagai pengakuan global.

Airport Council International (ACI) memberikan sertifikat Airport Health Accreditation selama dua tahun berturut-turut, di mana sertifikat pertama diberikan pada November 2020 dan sertifikat kedua diberikan pada November 2021.

Sementara itu, Safe Travel Barometer pada November 2021 memberikan Safe Travel Score 4.3 atau yang tertinggi di Asean (sama dengan yang diraih Bandara Changi), dan ketujuh di Asia Pasifik sejalan penilaian pada aspek aspek Travel Experience, Travel Convenience dan COVID-19 Safety Protocols.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper