Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Didongkrak Sektor Properti, Industri Keramik Bersiap Hadapi Omicron

Peningkatan produksi industri keramik diyakini terkerek permintaan domestik seiring perbaikan sektor properti. Bulan lalu, kinerja produksi keramik masih tetap bertumbuh.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 02 Februari 2022  |  15:18 WIB
Didongkrak Sektor Properti, Industri Keramik Bersiap Hadapi Omicron
Pabrik keramik Arwana Citra Mulia Tbk - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Produksi industri keramik nasional mencatatkan pertumbuhan pada bulan lalu. Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) mendata volume produksi sepanjang Januari 2022 berada di angka 37,7 juta m2, naik 9,5 persen dibandingkan rata-rata bulanan 2021 sekitar 34,4 juta m2.

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto mengatakan kinerja utilitas kapasitas produksi juga menunjukkan tren kenaikan dari 80 persen pada Desember 2021 menjadi 82 persen pada Januari 2022. Adapun, rata-rata utilitas produksi sepanjang 2021 berada di angka 75 persen dan ditargetkan mencapai 85 persen sepanjang tahun ini.

"Kinerja Januari 2022 utamanya ditopang oleh permintaan dalam negeri disamping kinerja ekspor yang masih terkendala oleh mahalnya biaya kontainer," kata Edy kepada Bisnis.com, Rabu (2/2/2022).

Edy meyakini kinerja produksi masih dapat dipertahankan meski ada risiko gelombang ketiga pandemi karena penyebaran varian Omicron. Sebagaimana saat varian Delta merebak, operasional industri ditopang penerapan izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI) dan sistem informasi industri nasional (Siinas).

"Disamping kesiapan dan pengalaman  industri keramik dalam menghadapi ancaman Covid varian Delta yang lalu dengan menerapkan prokes ketat dan hampir semua karyawan anggota Asaki telah divaksin lengkap," ujarnya.

Sebelumnya, produksi keramik pada 2022 diproyeksi meningkat 15 persen dari 400-410 juta m2 menjadi 460-470 juta m2. Pada tahun lalu, pertumbuhan produksi tercatat sebesar 35 persen.

Adapun, proyeksi pertumbuhan produksi tersebut juga diiringi rencana peningkatan kapasitas terpasang sebesar 13 juta m2 menjadi 582 juta m2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti industri keramik omicron
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top