Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau terhindar Mafia Tanah? Ini Kata Asosiasi Real Estate Broker

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia DKI Jakarta (AREBI DKI) mengungkapkan tips agar masyarakat terhindar mafia tanah.
Ilustrasi perumahan/Bisnis.com
Ilustrasi perumahan/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam praktik jual beli rumah, masyarakat diminta untuk menggunakan broker properti yang terpercaya dan bersertifikat agar terhindar dari praktik mafia tanah.

Ketua DPD Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) DKI Jakarta Clement Francis mengatakan pihaknya terus memperkuat agar dapat membangun industri brojer lebih bersahabat kepada masyarakat.

"Saat ini, kami mengedukasi ke masyarakat untuk menggunakan broker properti terpercaya dan broker properti harus memberikan manfaat karena banyak mafia tanah. Mafia tanah ini menghalalkan segala cara," ujarnya saat ditemui Bisnis disela-sela Rakerda AREBI DKI Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Oleh karena itu, dia berharap masyarakata dapat menggunakan agen properti terpercaya dan bersertifikat salam jual beli. Adapun komisi agen properti sendiri tertera pada Peraturan Menteri Perdagangan No. 51/M-DAG/PER/7/2017.

"Jadi untuk komisi jual beli sebesar 2 persen hingga 5 persen dan sewa menyewa sebesar 5 persen dan 8 persen. Selama ini mafia tanah tergiur uang komisi sehingga menghalalkan segala cara," katanya.

Pihaknya terus memperkuat para anggota Arebi agar masyarakat dapat nyaman dan terpercaya dalam menggunakan jasa jual, beli, sewa menyewa menggunakan Arebi.

Menurutnya, kalau ada anggota Arebi yang memiliki masalah hukum dapat dicari orangnya karena memiliki organisasi dan badan hukum sehingga tanggung jawab yang jelas.

"Ini agar masyarakat tidak menggunakan calo atau jasa yany tidak jelas sehingga menimbulkan masalah. Mafia tanah ini ada aja orang coba memanfaatkan kelemahan," ucap Clement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper