Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Geothermal Energy dan Medco Power Sepakat Kembangkan Panas Bumi Bersama

PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) melakukan penandatanganan Head of Agreement (HoA) Kajian bersama dengan PT Medco Power Indonesia (MPI) dalam rangka pengembangan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi di Proyek kedua perusahaan yang tersebar di wilayah Indonesia.
Ilustrasi./istimewa-Pertamina
Ilustrasi./istimewa-Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) melakukan penandatanganan Head of Agreement (HoA) Kajian bersama dengan PT Medco Power Indonesia (MPI) dalam rangka pengembangan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi di Proyek kedua perusahaan yang tersebar di wilayah Indonesia.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan pada Jumat (31/12/2021) yang dihadiri langsung oleh Direktur Utama PGE Ahmad Yuniarto dan Presiden Direktur MPI Eka Satria, serta jajaran manajemen kedua perusahaan.

Ahmad Yuniarto, Direktur Utama PGE, mengatakan bahwa kerja sama antara kedua perusahaan tersebut sangat diperlukan untuk mengembangkan panas bumi di dalam negeri, dan mendukung pemerintah mencapai target ketenagalistrikan berbasis energi terbarukan.

“Penandatanganan kajian bersama ini merupakan tindak lanjut dari kick off meeting kolaborasi bersama yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak dengan tujuan mengoptimalkan pengembangan panas bumi dengan kapasitas sebesar 495 MW,” kata Ahmad Yuniarto, dikutip Sabtu (1/1/2022).

Dia menuturkan, PGE dan MPI akan menganalisis dan melakukan kajian lebih lanjut opsi skema pengembangan untuk setiap individu proyek panas bumi yang telah ditetapkan, serta mengevaluasi lebih lanjut keekonomian bisnis model bersama.

Selain itu, kerja sama itu termasuk pembentukan tata waktu dan milestones mulai dari tahapan eksplorasi, eksploitasi, sampai operasi pada setiap proyek yang berdampak positif untuk kedua belah pihak dengan mengutamakan pemenuhan aspek compliance.

Dia menjelaskan, PGE terus berkomitmen untuk pengembangan panas bumi dan memastikan implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) menjadi bagian terintegrasi dari bisnis panas bumi PGE.

Penerapan aspek-aspek ESG tersebut merupakan upaya dalam memberikan nilai tambah, serta dukungan PGE pada program pemerintah terkait pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan, khususnya panas bumi.

Sementara itu, Presiden Direktur MPI Eka Satria menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan energi di sektor panas bumi demi percepatan pencapaian energi bersih dan ramah lingkungan.

“Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Medco Power untuk mendukung transisi energi menuju EBT. Indonesia mempunyai cadangan potensi panas bumi terbesar di dunia yang bisa dikembangkan dan menjadi ujung tombak dalam pemenuhan kebutuhan energi bersih nasional, terutama karena kelebihan panas bumi yang bisa menjadi energy baseload," ujarnya

Dia menuturkan, MPI berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan energi di sektor panas bumi dalam semua aspek, termasuk health, safety, security, and environment, guna percepatan pencapaian energi bersih dan ramah lingkungan, serta turut berperan dalam mendukung program pemerintah.

Kolaborasi itu sendiri mencakup kajian pengembangan proyek panas bumi, dan akan dilakukan di Proyek PGE dan MPI selama 24 bulan ke depan. Kajian tersebut diharapkan dapat mempercepat pengembangan panas bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper