Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelindo Inbreng Saham, 20 Anak Perusahaan Gabung ke Sub Holding

Setelah Pelindo merger, holding ini akan mengelola empat sub holding dengan 20 anak perusahaan di dalamnya.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 Desember 2021  |  11:33 WIB
Suasana di Pelabuhan Kuala Tanjung Port and Industrial Estate.  - Dok. Pelindo 1
Suasana di Pelabuhan Kuala Tanjung Port and Industrial Estate. - Dok. Pelindo 1

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (persero) atau Pelindo membentuk empat subholding sebagai tindak lanjut dari proses inbreng atau pengalihan saham milik Pelindo ke 20 anak perusahaan.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono mengatakan saat ini telah dilakukan penggabungan Pelindo I-IV menjadi Pelindo serta pembentukan empat sub-holding di bawahnya untuk mengelola bisnis inti perusahaan. Masing-masing sub-holding ini juga menjadi induk bagi anak perusahaan eks Pelindo I-IV sesuai dengan lini bisnisnya.

“Langkah selanjutnya dari penggabungan Pelindo ini adalah aksi korporasi inbreng atau pengalihan saham milik Pelindo pada 20 anak perusahaan yang mengelola bisnis inti kepada Sub-Holding,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (20/12/2021).

Empat sub-holding Pelindo yang telah dibentuk tersebut adalah PT Pelindo Terminal Petikemas yang mengelola klaster bisnis petikemas, PT Pelindo Multi Terminal mengelola klaster bisnis non-petikemas.

Selanjutnya PT Pelindo Solusi Logistik mengelola klaster bisnis logistik dan pengembangan kawasan serta PT Pelindo Jasa Maritim untuk mengelola klaster bisnis marine, peralatan, dan jasa kepelabuhanan lainnya.

Dengan menginduknya anak-anak perusahaan tersebut ke dalam sub-holding, diharapkan masing-masing klaster bisnis dapat dikelola secara lebih fokus dan optimal untuk dapat mengejar target value creation dari pengabungan Pelindo hingga 2025,” tambah Ali.

Hingga saat ini telah dilakukan pemberitahuan kepada pemegang saham minoritas, internal perusahaan dan publik, baik melalui kanal media internal perusahaan maupun media massa pada Kamis, 2 Desember 2021. Target untuk pelaksanaan inbreng saham kepada Sub Holding yakni pada Januari 2022.

“Harapan kami pada kuartal II/2022, bisnis inti perusahaan pada masing-masing sub-holding telah tertata dengan baik sehingga dapat terkonsolidasi sesuai klaster bisnisnya pada sub-holding,” kata Ali.

Adapun, empat sub-holding Pelindo tersebut akan mengelola 20 anak perusahaan. PT Pelindo Terminal Peti Kemas akan mengelola PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, PT IPC Terminal Petikemas, PT Kaltim Kariangau Terminal, PT Prima Multi Terminal, PT Prima Terminal Petikemas, PT Terminal Petikemas Surabaya, dan PT Terminal Teluk Lamong.

Berikutnya, PT Pelindo Multi Terminal akan mengelola PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk.

Selanjutnya, PT Pelindo Solusi Logistik akan menjadi induk bagi PT Multi Terminal Indonesia, PT Nusantara Terminal Service, PT Prima Indonesia Logistik, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia, dan PT Prima Pengembangan Kawasan.

Lalu, PT Energi Pelabuhan Indonesia, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia, PT Pelindo Marine Service, PT Pengerukan Indonesia dan PT Jasa Armada Indonesia Tbk. akan bergabung dalam sub-holding PT Pelindo Jasa Maritim.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham pelindo inbreng
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top