Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Akan Bor 800 Sumur Pengembangan Tahun Depan

Sepanjang Januari-September 2021, kegiatan pengeboran pengembangan telah direalisasikan sebanyak 195 sumur.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  06:25 WIB
Pertamina Akan Bor 800 Sumur Pengembangan Tahun Depan
Pekerja beraktivitas di RIG Maera saat pengeboran sumur di masa transisi alih kelola ke PT Pertamina Hulu Mahakam, di South Tunu, Blok Mahakam, Kalimantan Timur, Senin (7/8). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Upstream menargetkan untuk bisa lebih agresif pada tahun depan. Rencana investasi yang lebih besar pun tengah disiapkan untuk bisa mengebor sebanyak 800 sumur pengembangan.

Direktur Utama Subholding Upstream Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip mengatakan pada tahun depan pihaknya akan meningkatkan kegiatan pengeboran sumur pengembangan menjadi berjumlah 800 sumur. Jumlah itu tercatat jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan rencana tahun ini sekitar 370 sumur pengembangan.

"Terutama di-drive oleh Rokan. Kita akan program yang masif untuk bisa bukan hanya mempertahankan produksi tetapi juga bisa menambah," katanya dalam acara The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021, Selasa (30/11/2021).

Sepanjang Januari-September 2021, kegiatan pengeboran pengembangan telah direalisasikan sebanyak 195 sumur. Selain itu, untuk pemboran sumur eksplorasi sudah selesai dilakukan sebanyak 8 sumur dan 3 sumur sedang dalam proses pemboran.

Sementara itu, upaya penambahan cadangan juga terus dilakukan. Sampai dengan kuartal III/2021 penambahan cadangan P1 sebesar 428 juta barel setara minyak (MMBOE) atau 15 persen lebih tinggi dari target. Temuan sumber daya 2C, per September adalah sebesar 174 MMBOE.

Dari sisi produksi, Subholding Upstream Pertamina mencatatkan produksi minyak dari seluruh regional mencapai 415 MBOPD, sedangkan produksi gas bumi telah mencapai 2.614 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

"Saat ini kami kerjasama dengan SKK Migas masih merampungkan rencana investasi pengeboran ke depan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina sumur minyak
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top