Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menuju Net Zero Emission 2060, Ini Saran Komisi VII DPR RI

Indonesia dengan beberapa negara lainnya telah sepakat mencapai target net zero emission pada 2060 atau sesuai dengan pembahasan dalam COP26 di Glasgow beberapa waktu lalu.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 30 November 2021  |  10:36 WIB
Asap membubung dari cerobong-cerobong asap sebuah pabrik pemanas di Jilin, China - Reuters
Asap membubung dari cerobong-cerobong asap sebuah pabrik pemanas di Jilin, China - Reuters

Bisnis.com, BALI — Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman mendorong seluruh pelaku usaha di industri minyak dan gas serta batubara mengoptimalkan potensi sumber daya fosil yang ada di Indonesia sebelum 2060.

Menurutnya, kesepakatan antarnegara yaitu mencapai target net zero emission pada 2060 atau sesuai dengan pembahasan dalam COP26 di Glasgow beberapa waktu lalu.

"Logika sederhana saya dalam waktu 30 tahun ini, kita makan semuanya. Baik migas, batubara dihabisi," katanya dalam acara The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021 (IOG 2021), Bali, Senin (29/11/2021).

Maman menambahkan dengan target tersebut, cadangan sumber daya energi fosil yang ada di Indonesia berpotensi mubazir sehingga pemanfaatannya harus dioptimalkan.

"Jangan sampai kita seperti orang bodoh, ada makanan enak tapi tidak bisa dimakan. Karena cepat atau lambat, ini barang akan diborder tidak boleh lagi dimakan," imbuhnya.

Namun, untuk melakukan hal tersebut, Maman mengakui ada sejumlah tantangan bagi pelaku usaha di sektor migas dan batubara salah satunya aturan yang berbelit. 

Dia berharap dengan keberadaan Undang-Undang Cipta Kerja, birokrasi yang panjang untuk pengusaha migas dan batubara mengembangkan investasi bisa terurai atau semakin singkat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emisi karbon Transisi energi
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top