Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTDI Kembali Kirimkan Helikopter Bell 412EPI ke Kemenhan

Helikopter dengan tail number HX-4148 ini merupakan Heli Serbu keenam yang telah dikirimkan dari kontrak pengadaan sebanyak 9 unit oleh Kementerian Pertahanan RI.
Helikopter Bell-412 EPI akan dioperasikan Skadron-11 Serbu Puspenerbad. /PTDI
Helikopter Bell-412 EPI akan dioperasikan Skadron-11 Serbu Puspenerbad. /PTDI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) kembali mengirimkan 1 unit Helikopter Bell 412EPI konfigurasi serbu pesanan Kementerian Pertahanan untuk Skadron 11 Serbu.

Sekretaris Perusahaan PTDI, Irlan Budiman menjelaskan helikopter dengan tail number HX-4148 ini merupakan Heli Serbu keenam yang telah dikirimkan dari kontrak pengadaan sebanyak 9 unit oleh Kementerian Pertahanan RI. Helikopter ini segera dioperasikan oleh Skadron 11 Serbu Puspenerbad.

“Sebelumnya, 3 unit helikopter pertama telah dikirimkan pada 29 Desember 2020, 17 Februari 2021 dan 19 Februari 2021, serta 2 unit helikopter lainnya telah dikirimkan pada 21 Juli 2021, sedangkan untuk 3 helikopter selanjutnya rencananya akan dikirimkan pada akhir 2021,” jelasnya, Minggu (21/1/2021).

Secara spesifikasi, Heli Serbu yang dikirimkan hari ini ditenagai oleh mesin Pratt & Whitney PT6T-9 Twin Pac, dengan tenaga take off 13 persen lebih besar dibandingkan dengan jenis mesin Bell 412EP, serta dilengkapi dengan Minigun M134D yang mengusung kaliber 7,62x51 mm dan External Rescue Hoist System.

Helikopter Bell 412EPI memiliki kemampuan Single Pilot IFR (SPIFR) dengan 4-axis stability and control. Sistem avionik Helikopter Bell 412EPI sangat mudah disesuaikan dan dikonfigurasi untuk berbagai kebutuhan operasi dan customizing.

Kemampuan payload helikopter Bell 412EPI adalah 5.534 kg dengan kapasitas bahan bakar 1.251 liter pada kecepatan jelajah 235 km/jam dan dapat terbang sejauh 687 km selama 4 jam, dengan perhitungan helikopter terbang dengan payload 4.309 kg.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami oleh Kemhan dan TNI AD, khususnya Puspenerbad, sehingga kami dapat terus berkontribusi memberikan dukungan kebutuhan alutsista yang dibutuhkan. Semoga helikopter Bell 412EPI yang sudah dan akan dikirimkan nantinya dapat membantu pelaksanaan tugas pokok dan kelancaran operasi Puspenerbad,” imbuhnya.

Sebelumnya, pada Oktober lalu PTDI juga kembali mengirimkan 1 unit pesawat terbang NC212i Troop Transport pesanan Kementerian Pertahanan RI untuk TNI Angkatan Udara.

Pesawat tersebut telah berhasil lepas landas dari Hanggar Delivery Center PTDI, Bandung menuju Skadron Udara 4, Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro mengatakan telah meninjau persiapan dan melepas ferry flight pesawat terbang NC212i tersebut untuk kemudian dioperasikan oleh Skadron Udara 4.

Pesawat dengan tail number AX-2127 ini merupakan pesawat NC212i kedua yang telah dikirimkan PTDI dari kontrak pengadaan sebanyak 9 unit pesawat NC212i oleh Kementerian Pertahanan RI untuk end user TNI Angkatan Udara.

Pesawat sebelumnya telah dikirimkan pada tanggal 26 Januari 2021, sedangkan untuk pesawat ketiga rencananya akan diselesaikan dan dikirimkan pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper