Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bersiap Transisi Energi, PGN Perkuat Infrastruktur dan Pasokan Gas

PT Perusahaan Gas Negara, Tbk. memperkuat infrastruktur dan pasokan gas bumi seiring potensi besarnya kebutuhan gas selama masa transisi energi. 
Penguasaan aspek teknologi 4.0 menjadi salah satu fondasi utama PGN untuk mencapai keberhasilan pemanfaatan gas bumi di seluruh sektor. /PGN
Penguasaan aspek teknologi 4.0 menjadi salah satu fondasi utama PGN untuk mencapai keberhasilan pemanfaatan gas bumi di seluruh sektor. /PGN

Bisnis.com, JAKARTA - Subholding Gas Pertamina PT Perusahaan Gas Negara, Tbk. memperkuat infrastruktur dan pasokan gas bumi seiring potensi besarnya kebutuhan gas selama masa transisi energi. 

Kebijakan pemerintah untuk meningkatkan penggunaan energi bersih menuju zero emisi tahun 2060 memberikan peluang bagi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk meningkatkan penjualan gas bumi. 

Sebagai aggregator gas nasional, PGN memiliki kemampuan untuk mendukung proses transisi energi melalui ketersediaan pasokan gas dan infrastruktur yang matang. 

Direktur Utama PGN Muhamad Haryo Yunianto mengatakan, bahwa dalam jangka pendek, PGN akan terus memperkuat pembangunan infrastruktur dan meningkatkan sumber pasokan gas bumi. 

Langkah ini sangat strategis mengingat potensi kebutuhan gas bumi di masa depan akan semakin besar. Salah satunya terkait dengan kebijakan bauran energi baru terbarukan (EBT) hingga 23 persen pada tahun 2025. 

Dalam prosesnya, PGN telah mengintegrasikan infrastruktur di Sumatra bagian Utara dan Tengah, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk meningkatkan keandalan dan fleksibilitas penyaluran gas ke seluruh segmen pasar. 

"Pembangunan infrastruktur yang semakin terintegrasi ini akan menjadi prioritas utama PGN,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (19/11/2021). 

Beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang saat ini dikembangkan PGN di antaranya adalah konstruksi pipa Senipah-Balikpapan untuk mendukung Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Balikpapan dengan memanfaatkan sumber gas bumi di Kalimantan Timur. 

Proyek lainnya adalah memperkuat optimalisasi pipa Gresik-Semarang dengan infrastruktur non-pipa atau disebut beyond the pipe. 

PGN juga dalam proses pembangunan proyek regasifikasi LNG dan mini LNG untuk memenuhi kebutuhan gas di beberapa lokasi di Indonesia bagian tengah dan timur, khususnya dalam penyediaan gas bagi pembangkit PLN. 

Sementara itu, pada segmen rumah tangga, PGN terus menjalin kerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah merealisasikan program jaringan gas rumah tangga atau jargas. 

“Pembangunan infrastruktur regasifikasi LNG dan juga mini LNG merupakan strategi jangka panjang PGN untuk memperkuat pasokan gas bumi di masa depan. Langkah ini juga menjadi bagian dari upaya sinergi dan kolaborasi dengan PT Pertamina sebagai holding migas,” kata Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar. 

Di sisi lain, Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz menambahkan bahwa volume penjualan gas bumi PGN terus meningkat. 

Hingga September 2021 volume penjualan gas bumi PGN sudah mencapai 873 BBTUD atau tumbuh 8 persen dari periode yang sama tahun lalu. Saat ini PGN sedang dalam proses penyaluran gas ke kilang Balongan, Indramayu dan diproyeksikan sebanyak 30 BBTUD. 

Menurut Fariz, pasokan gas ke refinery atau kilang minyak ini akan menjadi salah satu pendorong kenaikan volume gas PGN ke depan. Perseroan memproyeksikan dalam 2-3 tahun ke depan kerjasama PGN dengan sejumlah refinery di Indonesia mampu menyerap gas hingga 350 BBTUD. 

Peningkatan serapan gas ini sejalan dengan sinergi PGN dan Pertamina dalam melakukan konversi operasional kilang milik Pertamina dari minyak ke gas bumi. 

“Seiring bertambahnya supply yang diperoleh PGN, kami akan terus membuka pasar yang lebih luas bagi pengguna LNG. Beberapa insiaitif yang sedang akan dan akan terus dilakukan adalah menjual LNG secara ritel bagi industri kecil dan menengah. PGN juga menyiapkan LNG Bunkering untuk memenuhi kebutuhan energi bagi smelter yang saat ini sedang tumbuh di Indonesia,” jelasnya. 

Kinerja PGN disebut semakin solid sejalan dengan peningkatan penjualan volume gas. Pada September 2021, PGN berhasil meraih pendapatan sebesar US$2,25 miliar atau Rp32,04 triliun (kurs Rp14.243 per USD). Sementara laba bersih perseroan tercatat sebesar US$286 juta atau setara Rp4,07 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper