Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi! Garuda Indonesia dan Emirates Jalin Codeshare di 18 Rute

Garuda Indonesia dan Emirates menjalin codeshare untuk 18 rute internasional.
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia bersiap melakukan penerbangan di Bandara internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara akhir pekan lalu (8/1/2017)./Bisnis-Dedi Gunawann
Pesawat milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia bersiap melakukan penerbangan di Bandara internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara akhir pekan lalu (8/1/2017)./Bisnis-Dedi Gunawann

Bisnis.com, JAKARTA – PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) menjalin kerja sama dengan Emirates lewat penerbangan codeshare sehingga penumpang akan mendapatkan layanan konektivitas penerbangan yang lebih beragam di 18 rute yang menghubungkan Indonesia, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan kerja sama tersebut diharapkan dapat berlaku efektif mulai 2 Januari 2022. Penumpang Garuda Indonesia akan mendapatkan kemudahan akses ke berbagai destinasi yang dioperasikan oleh Emirates diantaranya Dubai, Bahrain, Moskow, Johannesburg, Kairo, London dan Manchester.

Sementara itu, penumpang Emirates yang akan melaksanakan perjalanan ke Indonesia melalui Jakarta dapat menikmati layanan penerbangan lanjutan ke berbagai destinasi prioritas di Indonesia seperti Denpasar, Surabaya, Makassar, Balikpapan , Manado, Medan, Padang, Solo.

“Adapun kemudahan layanan penerbangan tersebut dapat dinikmati secara end-to end mulai dai pemesanan tiket, hingga kebijakan bagasi [baggage check-through] yang dapat diambil di destinasi akhir,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (8/11/2021).

Codeshare adalah kerja sama saat maskapai penerbangan mengangkut penumpang yang tiketnya diterbitkan oleh maskapai penerbangan lain. Tujuannya adalah untuk memberikan pilihan tujuan yang lebih luas kepada penumpang daripada yang ditawarkan sendiri-sendiri oleh maskapai penerbangan.

Ketika penumpang memesan penerbangan codeshare, tiket penumpang akan memuat nomor penerbangan maskapai tempat penumpang memesan perjalanan. Meskipun beberapa bagian perjalanan penumpang akan berada di penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan lain dan memuat nomor penerbangan lain dari yang dicetak pada tiket calon penumpang.

Tak hanya codeshare, kedua maskapai juga akan menjajaki peluang kerja sama dalam pengelolaan program frequent flyer yang memungkinkan penumpang untuk mendapatkan dan menukarkan poin yang telah diperoleh ke dalam bentuk tiket penerbangan maupun manfaat ekskusif lainnya.

“Kerja sama ini juga menghadirkan nilai tambah bagi pengguna jasa Emirates dimana melalui jaringan domestik Garuda Indonesia yang luas, para penumpang lanjutan dari Emirates dapat menikmati layanan penerbangan terbaik ke berbagai destinasi prioritas di Indonesia,” imbuhnya.

Kemitraan ini diharapkan tidak hanya akan dapat menghadirkan berbagai pilihan destinasi denga layanan penerbangan terbaik bagi penumpang tetapi juga diharapkan dapat mendorong aktivitas pariwisata dan perdangangan dalam rangka akselerasi program pemulihan ekonomi nasional.

Chief Commercial Officer Emirates Adnan Kazim mengatakan senang dapat menjalin kemitraan codeshare dengan Garuda Indonesia untuk memberikan pelanggan kami akses ke lebih banyak tujuan di Indonesia serta konektivitas tanpa batas dan nyaman ke delapan tujuan domestik di Indonesia ke dan dari Dubai dan ke jaringan global kami melalui Jakarta, dan tiga tujuan melalui Denpasar.

“Indonesia adalah pasar yang penting bagi Emirates, dan kerja sama kami dengan Garuda Indonesia merupakan bukti komitmen Emirates untuk terus memperkuat jaringan kami dan meningkatkan penawaran kami. Melalui jaringan gabungan kedua maskapai yang diperluas, kami menawarkan pengalaman yang lebih tanpa kendala kepada penumpang kami pada saat check-in, pemeriksaan bagasi, dan boarding di setiap langkah perjalanan mereka hanya dengan satu tiket,” jelasnya.

Sebagai upaya untuk memperkuat jaringan internasional, hingga dengan Oktober 2021, Garuda Indonesia telah memiliki kerja sama codeshare dengan sedikitnya 24 mitra maskapai di seluruh dunia yang menghubungkan para penumpang Garuda Indonesia ke berbagai pilihan destinasi di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper