Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obat Rindu, Pengunjung dan WNI di Dubai 'Tumplek Blek' di National Day World Expo 2020

Kehadiran Presiden Joko Widodo maupun Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed serta sejumlah menteri ekonomi seolah menjadi obat rindu bagi sejumlah WNI di Negeri Gurun itu.
Pengunjung yang menghadiri Expo 2020 Dubai, di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (2/11/2021)/Maria Y. Benyamin - Bisnis
Pengunjung yang menghadiri Expo 2020 Dubai, di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (2/11/2021)/Maria Y. Benyamin - Bisnis

Bisnis.com, DUBAI — Warga Indonesia yang bersekolah maupun bekerja di Dubai, termasuk juga para pengunjung World Expo 2020 Dubai, berkumpul menyaksikan gelaran Indonesia National Day World Expo 2020 Dubai.

Kehadiran Presiden Joko Widodo maupun Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed serta sejumlah menteri ekonomi seolah menjadi obat rindu bagi sejumlah warga Indonesia di Negeri Gurun ini.

Pasalnya, sejak pandemi Covid-19 menyebar pada awal 2020, sejumlah warga Indonesia yang bermukim di Dubai kesulitan untuk melakukan perjalanan ke Tanah Air akibat adanya pembatasan aktivitas di sejumlah negara.

Sejak pukul 17.30 waktu setempat, ruang tribun di Al Wazl Plaza Stage, tempat yang disediakan bagi para pengunjung, sudah dipadati oleh para penonton yang tak sabar menantikan kehadiran Jokowi dalam pergelaran seni dan budaya di National Day. Belum lagi pengunjung yang memadati area di seputarnya.

Sebelum menghadiri pagelaran seni dan budaya Indonesia di Indonesia National Day, Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan pemerintah Uni Emirat Arab di Leadership Paviliun World Expo 2020 Dubai dengan didampingi sejumlah menteri kabinetnya maupun para pengusaha nasional.

Selanjutnya, Presiden menyempaatkan diri untuk mengunjungi Paviliun Indonesia dan Paviliun Uni Emirat Arab. Setelah itu, baru Presiden memasuki panggung National Day sekitar pukul 19.35 waktu setempat.

“Jangan-jangan Pakde [Presiden Joko Widodo] mampir ke Malaysia [Paviliun Malaysia] makan nasi lemak dulu,” ujar seorang penonton asal Indonesia.

Tak lama, sebagian pengunjung, dengan membawa bendera merah putih besar, meneriakkan yel-yel dan bertepuk tangan. “Indonesia…. Indonesia.”

He is coming… he is coming,” ujar seorang pengunjung lain asal Indonesia yang mengajak anaknya yang berusia sekitar 2 tahun menantikan kehadiran Jokowi ketika anaknya mulai rewel menanyakan kapan acara segera dimulai.

Didampingi Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed, Presiden menyampaikan sambutannya selama kurang lebih 3,5 menit dan menjadi pusat perhatian sebagian besar pengunjung World Expo 2020 Dubai malam itu.

Seusai acara pun, sebagian pengunjung, terutama asal Indonesia, tak langsung pulang melainkan menyempatkan diri untuk berebut berfoto dengan sejumlah menteri, diantaranya Menteri BUMN Erick Thohir maupun Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, termasuk juga Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi, yang tiba-tiba saja muncul dalam perhelatan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Gajah Kusumo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper