Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Properti Mulai Menggeliat, Cluster Aluna di Talaga Kahuripan Bogor Laris

Pelaku bisnis properti mengklaim daya beli masyarakat tetap terjaga, kendati pertimbangan untuk memutuskan membeli hunian menjadi sedikit lebih panjang dari masa normalnya.
Klaster Aluna./Istimewa
Klaster Aluna./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis properti mulai menggeliat, sejumlah properti baru di Klaster Aluna, Talaga Kahuripan, Bogor pun mencatatkan penjualan yang meningkat.

Pandemi Covid-19 yang belum usai faktanya tak menyurutkan minat masyarakat dalam mencari properti, khususnya rumah tapak.

Pelaku bisnis properti mengklaim daya beli masyarakat tetap terjaga, kendati pertimbangan untuk memutuskan membeli hunian menjadi sedikit lebih panjang dari masa normalnya.

Merujuk Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) yang dirilis Bank Indonesia, terungkap bahwa harga properti residensial tumbuh meningkat pada kuartal II/2021.

Pertumbuhan Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) kuartal/II 2021 tercatat 1,49 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada kuartal sebelumnya sebesar 1,35 persen (yoy).

Sementara itu, harga properti residensial primer diperkirakan tumbuh lebih terbatas pada kuartal III/2021 sebesar 1,12 persen (yoy).

Di lain sisi, fokus masyarakat terhadap lokasi hunian kini semakin mengarah ke luar Jakarta, terutama di koridor selatan.

Bukti itu diamini temuan Rumah.com, yang menyatakan bahwa pencarian properti di koridor Selatan Jakarta, yakni Kabupaten Bogor dan Kota Bogor pada kuartal II/2021 mengalami peningkatan 3–5 persen secara kuartalan.

Naiknya persentase pencarian terhadap hunian di sisi Selatan Jakarta didasari atas banyak pertimbangan, di antaranya perkembangan pembangunan infrastruktur wilayah, serta preferensi harga yang lebih terjangkau.

Tak pelak, puluhan unit Klaster Aluna besutan Telaga Kahuripan yang berada di kawasan Kemang, Bogor laris dipesan konsumen dalam waktu hanya 1 bulan.

“Klaster Aluna kami perkenalkan di awal Agustus 2021, dan per akhir September 2021 sudah dipesan sebanyak 75 unit dari total 100 unit yang dipasarkan dalam tahap early bird. Kondisi ini tentunya menunjukkan bahwa niat masyarakat terhadap proses pembelian rumah sudah tidak lagi terpengaruh oleh situasi pandemi,” ujar Yulham Ferdiansyah Roestam, Chief Executive Officer PT Kuripan Raya.

Dalam proses pemasaran Klaster Aluna, Telaga Kahuripan bekerja sama dengan Esteem Development, Xavier Marks Realty, dan Linktown Property.

Ketiga perusahaan agen properti ternama itu bahkan menyatakan bahwa pihaknya sangat percaya diri dalam memasarkan unit Aluna ke khalayak. Pasalnya, secara lokasi, Klaster Aluna berada dalam kawasan township modern Telaga Kahuripan yang dikelilingi berbagai kemudahan akses.

Pertama, yang dilihat Esteem Property adalah area. Secara area tentunya cukup besar jika dibandingkan dengan perumahan lain di sekitaran Selatan Jakarta. Kedua, secara akses, di mana nantinya Klaster Aluna menawarkan kemudahan akses menuju pusat kota Jakarta, dan ini adalah satu nilai jual tersendiri, sehingga produk Aluna tidak hanya bisa ditawarkan ke end user, tetapi juga investor. Nah, market-nya ini sangat luas,” ujar Erni Prijatna selaku Direktur Utama Esteem Development.

Meryana Michelle, Executive President Xavier Marks Kay Realty menuturkan, harga unit di Klaster Aluna yang masih relatif terjangkau, yakni Rp750 juta tentunya jadi daya tarik khusus.

“Apalagi Telaga Kahuripan menjadi satu wilayah ekstensif yang mengusung konsep resor. Bahkan, lebar jalan 10 meter membuat suasana perumahan jadi sangat berbeda,” paparnya.

Klaster Aluna di Telaga Kahuripan memang memastikan akses mudah ke dan dari pusat Kota Jakarta melalui sejumlah jalur.

Salah satunya yang bakal segera hadir adalah Jalan Bojong Gede–Kemang yang akan terhubung dengan Tol Serpong–Jagorawi (JORR 4) dan Tol Depok–Antasari.

“Saat ini unit di Klaster Aluna masih dalam tahap penawaran pre-launching. Launching resminya rencana kami hadirkan di akhir 2021. Selama masa early bird, kami suguhkan beragam keringanan untuk konsumen, seperti sistem cicil ke pengembang selama 24 kali,” jelas Chief Marketing Officer Telaga Kahuripan, Ferry Thahir.

Konsumen juga disebut dapat menikmati promo uang muka 10 persen yang boleh dicicil sampai 15 kali. Tak hanya itu, setiap pembelian unit pun langsung gratis AC di setiap kamar, water heater, instalasi CCTV, dan smart home.

Program cicil uang muka, lanjut Ferry, menjadi alternatif yang paling banyak diminati konsumen. Di mana mayoritas konsumen melakukan cicilan uang muka 12 kali bayar atau dalam tenor satu tahun langsung kepada pengembang.

Menyoal kawasan, penghuni di Klaster Aluna dijamin tak akan kesulitan dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar.

Telaga Kahuripan dilengkapi berbagai fasilitas komplit, mulai dari sarana ibadah, dua sekolah bertaraf tinggi yakni Sekolah Madania dan Sekolah Marsudirini, minimarket, SPBU, dan sederet ruko komersial. Dalam waktu dekat, supermarket besar pun akan hadir di kawasan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper