Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sempat Kandas, Kapal Tanker Wijaya Kusuma 2 Kembali Berlayar

Kandasnya kapal tanker tersebut di wilayah Perairan Karang Helen Mars saat tengah dalam perjalanan menuju Kijang - Pekanbaru.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 08 Oktober 2021  |  06:38 WIB
Ilustrasi. Kapal tanker pengangkut minyak. - Bloomberg
Ilustrasi. Kapal tanker pengangkut minyak. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Kapal Tanker SPOB Wijaya Kusuma 2 akhirnya berhasil lepas dari posisi kandas dan melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru pada Rabu (7/10/2021) malam.

Kepala Pangkalan PLP kelas II Tanjung Uban, Capt Handry Sulfian menjelaskan informasi kandasnya kapal dengan muatan minyak premium tersebut diterima oleh Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban pada Rabu 6 Oktober 2021 pukul 13.00 WIB.

Setelah menerima informasi tersebut, PLP langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pengecekan, pengawasan dan pengamanan. 

Kandasnya kapal tanker tersebut di wilayah Perairan Karang Helen Mars saat tengah dalam perjalanan menuju Kijang - Pekanbaru. Dia pun menyampaikan kondisi terkini dari kondisi kapal tersebut.

"Bahwa pada Pukul 21.00 WIB kapal tanker tersebut akhirnya berhasil lepas dari posisi kandas dan mencari tempat untuk melakukan pengecekan kondisi kapal sebelum melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru. Pukul 21.30 Wib Kapal tersebut melanjutkan pelayaran," terangnya melalui siaran pers, Kamis (7/10/2021).

Secara kronologis, pihaknya mendapat informasi terkait adanya insiden tersebut berkat aksi cepat dari Batam VTS. Kemudian Kepala Subseksi Operasi langsung diperintahkan untuk mengerahkan KN. Kalimasadha -P. 115 untuk menuju lokasi kejadian berkoordinasi dengan KSOP Tanjung Balai Karimun.

Setibanya dilokasi KN. Kalimasadha -P. 115 yang dinakhodai oleh Capt. Putra Wardana langsung berkoordinasi dengan Kapal Patroli KN. 366 milik KSOP Tanjung Balai Karimun yang juga turut dikerahkan dalam aksi tersebut.

“Tiba di lokasi pukul 17.00 WIB di Perairan Karang Helen Mars pada posisi 01°07.480 N/ 103°46.413 E,” rincinya.

Handry menjelaskan dari hasil pemeriksaan KN. Kalimasadha -P. 115 bersama KN. 366 milik KSOP Tanjung Balai Karimun, tidak ditemukan adanya kerusakan maupun kebocoran terkait kandasnya Kapal SPOB Wijaya Kusuma 2.

“Selanjutnya KN.Kalimasadha - P.115 tetap stand by di sekitar kapal tersebut guna melakukan pengawasan dan pengamanan,” jelasnya.

Pada akhirnya kapal tersebut berhasil melanjutkan pelayarannya ke Pekanbaru.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub kapal tanker
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top