Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Kandas, Kapal Tanker Wijaya Kusuma 2 Kembali Berlayar

Kandasnya kapal tanker tersebut di wilayah Perairan Karang Helen Mars saat tengah dalam perjalanan menuju Kijang - Pekanbaru.
Ilustrasi. Kapal tanker pengangkut minyak./Bloomberg
Ilustrasi. Kapal tanker pengangkut minyak./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Kapal Tanker SPOB Wijaya Kusuma 2 akhirnya berhasil lepas dari posisi kandas dan melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru pada Rabu (7/10/2021) malam.

Kepala Pangkalan PLP kelas II Tanjung Uban, Capt Handry Sulfian menjelaskan informasi kandasnya kapal dengan muatan minyak premium tersebut diterima oleh Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban pada Rabu 6 Oktober 2021 pukul 13.00 WIB.

Setelah menerima informasi tersebut, PLP langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pengecekan, pengawasan dan pengamanan. 

Kandasnya kapal tanker tersebut di wilayah Perairan Karang Helen Mars saat tengah dalam perjalanan menuju Kijang - Pekanbaru. Dia pun menyampaikan kondisi terkini dari kondisi kapal tersebut.

"Bahwa pada Pukul 21.00 WIB kapal tanker tersebut akhirnya berhasil lepas dari posisi kandas dan mencari tempat untuk melakukan pengecekan kondisi kapal sebelum melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru. Pukul 21.30 Wib Kapal tersebut melanjutkan pelayaran," terangnya melalui siaran pers, Kamis (7/10/2021).

Secara kronologis, pihaknya mendapat informasi terkait adanya insiden tersebut berkat aksi cepat dari Batam VTS. Kemudian Kepala Subseksi Operasi langsung diperintahkan untuk mengerahkan KN. Kalimasadha -P. 115 untuk menuju lokasi kejadian berkoordinasi dengan KSOP Tanjung Balai Karimun.

Setibanya dilokasi KN. Kalimasadha -P. 115 yang dinakhodai oleh Capt. Putra Wardana langsung berkoordinasi dengan Kapal Patroli KN. 366 milik KSOP Tanjung Balai Karimun yang juga turut dikerahkan dalam aksi tersebut.

“Tiba di lokasi pukul 17.00 WIB di Perairan Karang Helen Mars pada posisi 01°07.480 N/ 103°46.413 E,” rincinya.

Handry menjelaskan dari hasil pemeriksaan KN. Kalimasadha -P. 115 bersama KN. 366 milik KSOP Tanjung Balai Karimun, tidak ditemukan adanya kerusakan maupun kebocoran terkait kandasnya Kapal SPOB Wijaya Kusuma 2.

“Selanjutnya KN.Kalimasadha - P.115 tetap stand by di sekitar kapal tersebut guna melakukan pengawasan dan pengamanan,” jelasnya.

Pada akhirnya kapal tersebut berhasil melanjutkan pelayarannya ke Pekanbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper