Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Memanas, Pasokan Batu Bara Pembangkit PLN Jangan Terganggu

Bukan tidak mungkin krisis energi juga dapat terjadi di Tanah Air, saat pasokan batu bara untuk kebutuhan pembangkit dalam negeri terpangkas.
Salah satu lokasi pertambangan batu bara di Kalimantan Timur. /JIBI-Rachmad Subiyanto
Salah satu lokasi pertambangan batu bara di Kalimantan Timur. /JIBI-Rachmad Subiyanto

Bisnis.com, JAKARTA — Lonjakan harga batu bara termal hingga mencapat lebih dari US$200 per ton dikhawatirkan mengganggu pasokan untuk pembangkit listrik di dalam negeri. Perusahaan tambang diminta tetap menjadikan PT PLN (Persero) sebagai prioritas..

Pengamat energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Tumiran menuturkan lonjakan harga batu bara terjadi akibat adanya peningkatan pasokan komoditas. Beberapa negara seperti China bahkan sempat susah payah menyeimbangkan pasokan listrik dengan permintaan seiring pulihnya perekonomian pascapandemi. 

Bukan tidak mungkin krisis energi juga dapat terjadi di Tanah Air, saat pasokan batu bara untuk kebutuhan pembangkit dalam negeri terpangkas. Oleh karena itu, Tumiran mengingatkan agar para pengusaha batu bara di Tanah Air tetap menaati aturan kebijakan harga domestic market obligation (DMO) kepada PT PLN (Persero).

"Pengusaha jangan hanya bicara untung, tetapi juga memastikan ketahanan pasokan batu bara Tanah Air. Harusnya ada pemahaman bersama untuk kepentingan dalam negeri," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (7/10/2021). 

Menurutnya, di tengah harga batu bara dunia meroket, pengusaha sudah mendapat banyak keuntungan dari ekspor. Untuk itu, idealnya ketahanan pasokan batu bara jangan sampai terganggu. Sebab jika krisis batu bara terjadi di PLN, maka akan berimbas pada pasokan listrik nasional. Dampaknya diyakini akan meluas. 

Tidak hanya PLN, defisit batu bara untuk PLTU juga akan berdampak pada pelaku bisnis, industri hingga masyarakat. 

Selain itu, dia menjelaskan bahwa disparitas harga batu bara tidak selalu menguntungkan PLN, tapi juga pengusaha. Menurut Tumiran, saat harga batu bara di bawah US$70 per ton, BUMN tersebut tetap membelinya sesuai kebijakan DMO. 

"Pas lagi untung bisa jual, bersyukur lah mereka.  Tapi jangan lupa untuk tetap memasok ke dalam negeri," ujarnya. 

Tumiran menambahkan, penetapan harga khusus batu bara untuk kebutuhan pembangkit listrik di dalam negeri, menjadi bukti bahwa pemerintah mementingkan keterjangkauan harga energi di Tanah Air. Dengan harga listrik yang terjangkau, geliat ekonomi akan lebih terakselerasi. 

"Batu bara kan konsepnya jadi tulang punggung bantu harga kelistrikan kita," katanya. 

Tahun ini, target DMO ditetapkan sebesar 137,5 juta ton. Adapun, berdasarkan data Minerba One Data Indonesia (MODI) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), realisasi penjualan batu bara untuk kepentingan dalam negeri tercatat mencapai 63,47 juta ton per 7 Oktober 2021. Di sisi lain, Tumiran memprediksi meningkatnya harga batu bara dunia diperkirakan tidak berlangsung lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper