Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendag Lepas Ekspor Pinang 18 Ton ke Arab Saudi

Kemendag melepas ekspor perdana pinang sebanyak 18 ton ke Arab Saudi.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 25 September 2021  |  11:57 WIB
Kemendag Lepas Ekspor Pinang 18 Ton ke Arab Saudi
Pekerja memilah pinang untuk dijual, di Nagari Tungka, Situjuh, Limapuluhkota, Sumatra Barat, Senin (27/3). - Antara/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melepas ekspor perdana komoditas pinang sebanyak 18 ton dengan total nilai mencapai US$1,5 juta ke Arab Saudi.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi mengapresiasi sinergi KJRI Jeddah, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah, Pemerintah Provinsi Jambi, dan PT Best Star Indonesia yang telah bekerja sama menyelenggarakan pelepasan produk ekspor perdana komoditas pinang ke Jeddah.

"Diharapkan program pelepasan ekspor akan menjadi program berkelanjutan, tidak hanya ke Arab Saudi, tetapi juga ke negara tujuan ekspor lainnya," kata Didi dalam siaran pers, Sabtu (25/9/2021).

Dia menuturkan pinang merupakan salah satu komoditas ekspor dengan tren pertumbuhan yang positif, khususnya dalam tiga tahun terakhir. Pada 2018, total ekspor pinang ke negara-negara dunia tercatat sebesar US$4,2 juta dan meningkat menjadi US$11 juta pada 2020.

Menurutnya, ini adalah pekerjaan rumah bersama untuk dapat meningkatkan promosi produk pinang, khususnya di pasar Arab Saudi. Adapun, pinang yang diimpor dari Indonesia umumnya dipakai ekspatriat Asia Selatan yang tinggal di Arab Saudi untuk nyirih.

Nyirih adalah cara menikmati buah pinang dengan dikunyah. Kebiasaan nyirih mirip dengan kebiasaan masyarakat Indonesia.

Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan sebagai peluang mempromosikan pinang ke negara-negara dengan jumlah ekspatriat dari Asia Selatan yang tinggi.

Nilai total perdagangan Indonesia-Arab Saudi pada periode Januari—Juli 2021 tercatat sebesar US$2,88 miliar. Ekspor Indonesia ke Arab Saudi pada periode Januari—Juli 2021 tercatat sebesar US$842,84 juta. Impor Indonesia dari Arab Saudi pada periode yang sama tercatat sebesar US$2,04 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor kemendag
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top