Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub: Tol Laut Mampu Jangkau Suku Terisolir di Papua

Tol laut diklaim telah mampu menjangkau Suku Elseng di Papua yang dinilai tergolong masih terisolir dan nomaden di Tanah Tabi, Papua.
Ilustrasi tol laut di Pelabuhan Depapre, Papua./ Dok. Kemenhub
Ilustrasi tol laut di Pelabuhan Depapre, Papua./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Forum Senior dan Milenial Papua (Forsemi) serta Klasis Kemtuk Gresi melayani pengobatan dan distribusi logistik Tol Laut berupa bahan makanan untuk Suku Elseng dan masyarakat kampung Bangai, di Distrik Gresi Selatan, Genyem Kabupaten Jayapura.

Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa mengatakan saat ini keberadaan suku Elseng tersebut masih terisolir dan nomaden di Tanah Tabi, Papua. Upaya pemerintah hingga saat ini belum sepenuhnya dapat menyentuh Suku Elseng.

“Jadi sasaran pelayanan tidak hanya kesehatan tapi juga pelayanan kesehatan untuk hewan ternak bahkan bantuan penjajakan bantuan pembangunan bagi sekolah untuk Suku Elseng,” katanya melalui siaran pers, Senin (20/9/2021).

Sebagai salah satu Program Strategis Nasional (PSN), dia menargetkan agar Tol Laut saat ini dapat terus menyentuh sampai ke setiap wilayah Papua dimanapun.

“Hal ini diharapkan menjadi momentum bagi seluruh Komponen Bangsa khususnya Stakeholders Maritim di Provinsi Papua untuk terus sinergi dan meningkatkan penggunaan Tol Laut yang semakin hari semakin meningkat dengan berlanjut pada Multimoda Transportasi,” imbuhnya.

Kasie Lalu Lintas Angkutan Laut & Usaha Kepelabuhanan KSOP Kelas II Jayapura Willem Thobias Fofid menyampaikan pada 2021 peningkatan penggunaan Tol Laut dengan konektivitas Logistik terus meningkat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah muatan pada Voyage 8 dan 9 pada Trayek T-19 lintas Papua yang mencapai 61 Kontainer.

Demikian juga pada lintasan Trayek lainnya di wilayah Papua dan Papua Barat pada Trayek T-9 dan Trayek T-11 yang semakin meningkat kemudian diikuti juga peningkatan muatan berangkat pada Trayek T-22, Trayek T-23, Trayek T-24, Trayek T-25 dan bahkan penambahan lintasan layanan Kapal pada Trayek T-26 dapat melayani sampai ke Mumugu Kabupaten Nduga.

Termasuk saat ini terobosan inovasi terbaru Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut telah menambahkan lagi 2 Trayek untuk distribusi Logistik di wilayah Selatan Papua yaitu Trayek T-27 Merauke - Pomako dan Trayek T-28 untuk menjangkau wilayah selatan Papua, NTT dan Maluku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper