Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub: Tol Laut Mampu Jangkau Suku Terisolir di Papua

Tol laut diklaim telah mampu menjangkau Suku Elseng di Papua yang dinilai tergolong masih terisolir dan nomaden di Tanah Tabi, Papua.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 20 September 2021  |  20:05 WIB
Ilustrasi tol laut di Pelabuhan Depapre, Papua. -  Dok. Kemenhub
Ilustrasi tol laut di Pelabuhan Depapre, Papua. - Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama dengan Forum Senior dan Milenial Papua (Forsemi) serta Klasis Kemtuk Gresi melayani pengobatan dan distribusi logistik Tol Laut berupa bahan makanan untuk Suku Elseng dan masyarakat kampung Bangai, di Distrik Gresi Selatan, Genyem Kabupaten Jayapura.

Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa mengatakan saat ini keberadaan suku Elseng tersebut masih terisolir dan nomaden di Tanah Tabi, Papua. Upaya pemerintah hingga saat ini belum sepenuhnya dapat menyentuh Suku Elseng.

“Jadi sasaran pelayanan tidak hanya kesehatan tapi juga pelayanan kesehatan untuk hewan ternak bahkan bantuan penjajakan bantuan pembangunan bagi sekolah untuk Suku Elseng,” katanya melalui siaran pers, Senin (20/9/2021).

Sebagai salah satu Program Strategis Nasional (PSN), dia menargetkan agar Tol Laut saat ini dapat terus menyentuh sampai ke setiap wilayah Papua dimanapun.

“Hal ini diharapkan menjadi momentum bagi seluruh Komponen Bangsa khususnya Stakeholders Maritim di Provinsi Papua untuk terus sinergi dan meningkatkan penggunaan Tol Laut yang semakin hari semakin meningkat dengan berlanjut pada Multimoda Transportasi,” imbuhnya.

Kasie Lalu Lintas Angkutan Laut & Usaha Kepelabuhanan KSOP Kelas II Jayapura Willem Thobias Fofid menyampaikan pada 2021 peningkatan penggunaan Tol Laut dengan konektivitas Logistik terus meningkat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah muatan pada Voyage 8 dan 9 pada Trayek T-19 lintas Papua yang mencapai 61 Kontainer.

Demikian juga pada lintasan Trayek lainnya di wilayah Papua dan Papua Barat pada Trayek T-9 dan Trayek T-11 yang semakin meningkat kemudian diikuti juga peningkatan muatan berangkat pada Trayek T-22, Trayek T-23, Trayek T-24, Trayek T-25 dan bahkan penambahan lintasan layanan Kapal pada Trayek T-26 dapat melayani sampai ke Mumugu Kabupaten Nduga.

Termasuk saat ini terobosan inovasi terbaru Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut telah menambahkan lagi 2 Trayek untuk distribusi Logistik di wilayah Selatan Papua yaitu Trayek T-27 Merauke - Pomako dan Trayek T-28 untuk menjangkau wilayah selatan Papua, NTT dan Maluku.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Tol Laut
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top