Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ekonomi Kuartal II/2021 Tumbuh 7,07 Persen, Ini Kata Erick Thohir

Erick mengingatkan agar masyarakat dan pemerintah tetap harus waspada karena varian virus delta Covid-19 dapat menjadi disrupsi bagi sektor ekonomi.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 06 Agustus 2021  |  15:58 WIB
Ekonomi Kuartal II/2021 Tumbuh 7,07 Persen, Ini Kata Erick Thohir
Tampilan layar menampilkan Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan saat Pelepasan Jelajah BUMN 2021 BUKANJAGOKANDANG di Jakarta, Kamis (29/7/2021). Jelajah BUMN Bukan Jago Kandang diharapkan dapat memberi informasi bagi masyarakat luas mengenai apa saja yang sudah dan akan dilakukan perwakilan BUMN Indonesia di luar negeri. Termasuk, apa saja potensi bisnis yang dapat dimanfaatkan untuk membuka peluang yang lebih luas. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian BUMN menyambut positif pertumbuhan ekonomi Indonesia yang naik hingga 7,07 persen pada kuartal II/2021. Optimisme kebangkitan ekonomi disebut sudah terjadi dalam keseharian masyarakat.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan keseharian di masyarakat terus muncul optimisme yang dibangun. Dia sempat bertemu beberapa orang yang tetap optimistis menjalankan roda ekonomi Indonesia.

"Saya bertemu pak Bromo nasabah KUR Bank BRI, pak Bromo penjual pisang goreng ini bisa survive dengan berjualan secara online," ujarnya, Jumat (6/8/2021).

Hasil berbagai kolaborasi, pemerintah, swasta, masyarakat, UMKM terang Erick, tergambar dalam laporan Badan Pusat Statistik (BPS) dengan kebangkitan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Arah pemulihan ekonomi sudah berjalan di jalur tepat, tak hanya belanja pemerintah tapi juga sinergi dari berbagai lainnya," urainya.

Namun, Erick mengingatkan agar masyarakat dan pemerintah tetap harus waspada karena faktor varian virus delta Covid-19 punya penularan cepat dan mutasi varian baru dapat menjadi disrupsi bagi sektor ekonomi yang terus terpengaruh selama pandemi Covid-19.

Menurutnya, laju menuju Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh, masih sangat bergantung fase pertama yakni Indonesia Sehat. Berbagai upaya seperti 5M dan 3T tetap harus dijalankan.

BPS melaporkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia mengalami perbaikan yang positif pada periode Maret-Juni 2021. Pada kuartal II/2021, BPS mencatat perekonomian Indonesia tumbuh 7,07 persen secara tahunan.

Adapun, dibandingkan dengan kuartal I/2021, ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif sebesar 3,31 persen. Kemudian, secara kumulatif pada Januari-Juni 2021 juga tumbuh sebesar 3,1 persen jika dibandingkan dengan semester I/2020.

Pada kuartal II, perekonomian Indonesia yang diukur dari besaran PDB atas dasar harga berlaku Rp4.175,8 triliun, sedangkan harga konstan PDB Rp2.772,8 triliun.

Dengan demikian pertumbuhan pada kuartal 2 2021 secara kuartalan, kalau dibandingkan dengan kuartal 1/21, perekonomian Indonesia tumbuh 3,31 persen, sementara secara yoy, perekonomian Indonesia tumbuh 7,07 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi pdb erick thohir
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top