Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkatkan Ekspor saat Pandemi, RI Genjot Diplomasi Kopi di Mesir

Perwakilan RI di Cairo intens melakukan pembinaan kepada perusahaan-perusahaan kopi yang berada di Mesir guna memperkuat hubungan persahabatan dan kerjasama yang makin erat.
Kegiatan Diplomasi Kopi Perwakilan RI di Cairo./istimewa
Kegiatan Diplomasi Kopi Perwakilan RI di Cairo./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Perwakilan RI di Cairo menggagas program promosi berupa 'Diplomasi Kopi' yang diawali dengan kegiatan peresmian pembukaan Kedai Kopi Bayt El Bon di Cairo dan Knuz El Bon di 6th October City, Provinsi Giza.

Kegiatan Diplomasi Kopi bertujuan membina hubungan dan mempertahankan loyalitas para importir kopi Mesir sehingga diharapkan dapat semakin meningkatkan importasi kopinya dari Indonesia, baik dari segi jumlah maupun jenis varietas kopi seperti Robusta dan Arabika.

"Pabrik Kopi Zahret El Bon Brazili ini dapat mengolah rata-rata 9 hingga 11 kontainer biji kopi dari Indonesia setiap bulannya dan diolah sesuai kecenderungan warga Mesir yang suka Turkish Coffee,” ujar pimpinan pabrik kopi Zahret El Bon Brazili Hassan Fawzy, dikutip dari keterangan resminya, Minggu (1/8/2021).

Hassan Fawzy yang juga Ketua Komite Kopi Kadin Mesir telah berbisnis kopi dengan Indonesia sejak 1985. Bersama dengan anaknya Amr Hassan, usaha kopi yang dipimpinnya mampu melayani pasar kopi domestik di Mesir dan internasional.

Pembinaan seperti ini intens dilakukan Perwakilan RI di Cairo kepada perusahaan-perusahaan kopi yang berada di Mesir guna memperkuat hubungan persahabatan dan kerjasama yang makin erat dari tahun ke tahun.

Perusahaan Zahret El Bon Brazili merupakan importir kopi peraih penghargaan Primaduta Award 2017 dan 2019 dari pemerintah. Perusahaan ini menunjukkan loyalitasnya dengan mengimpor 70 persen biji kopi Indonesia dari total importasi kopi dunia.

Selain itu, ada lagi Pabrik Kopi Vacakis di kawasan Alexandria (30/07/2021). Laila Karam selaku pemilik Pabrik kopi Vacakis menerangkan perusahaan mengimpor dan mengolah 90 persen biji kopinya dari Indonesia untuk memenuhi kebutuhan permintaan warga Mesir.

Rata rata produksi kopi sachet Vacakis dapat mencapai 2 ton per hari, sedangkan per bulannya dapat mencapai 50-60 ton.

Atase Perdagangan Cairo Irman Adi Purwanto menyatakan selama 5 tahun terakhir biji kopi Indonesia termasuk dalam 5 besar produk unggulan Indonesia ke Mesir.

Berdasarkan data Badan Statistik CAPMAS Mesir, ekspor kopi Indonesia (HS 0901) ke Mesir pada periode Januari-Maret 2021 masih menempati urutan pertama dengan nilai US$18,16 juta, atau naik 6,56 persen dari US$17,05 juta pada periode yang sama tahun lalu.

Sebaliknya, menurut laporan Badan Pusat Statistik, tercatat ekspor kopi Indonesia ke Mesir mencapai US$31,22 juta sepanjang Januari-Mei 2021. Angka ini naik 38,74 persen dibandingkan periode yang sama 2020 senilai US$22,48 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper