Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mulai Hari Ini KRL Beroperasi Hingga Jam 22.00 WIB

Adapun hingga pukul 10.00 WIB, KAI Commuter mencatat ada sebanyak 81.504 pengguna di seluruh stasiun. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan dengan pekan sebelumnya, Senin 19 Juli 2021, menjelang libur Iduladha yang mencapai 63.685 pengguna pada waktu yang sama.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 26 Juli 2021  |  11:57 WIB
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA—Mulai hari ini (Senin, 26 Juli 2021), PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mengoperasikan 982 perjalanan kereta rel listrik (KRL) pada pukul 04.00—22.00 WIB. Langkah itu dilakukan seiring dengan kebijakan pemerintah yang memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menuturkan bahwa kondisi di seluruh stasiun pada Senin (26/7/2021) pagi ini terpantau lancar dan tetap kondusif.

Pengguna KRL dengan tertib mengantre saat dilakukan pemeriksaan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) maupun surat keterangan lainnya.

Anne menambahkan, mulai hari ini KAI Commuter mengoperasikan 982 perjalanan KRL per hari mulai pukul 04.00—22.00 WIB.

“Saat ini KRL melayani pengguna dari sektor esensial dan kritikal, serta pekerja di sektor usaha yang sudah diizinkan oleh pemerintah untuk kembali dibuka dengan protokol kesehatan ketat dan wajib menyiapkan surat-surat dan dokumen syarat perjalanan yang sesuai,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (26/7/2021).

Adapun hingga pukul 10.00 WIB, KAI Commuter mencatat ada sebanyak 81.504 pengguna di seluruh stasiun. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan dengan pekan sebelumnya, Senin 19 Juli 2021, menjelang libur Iduladha yang mencapai 63.685 pengguna pada waktu yang sama.

Stasiun Bogor, Bojonggede, dan Citayam masih menjadi stasiun dengan jumlah pengguna tertinggi pada hari ini.

Sementara itu, KRL Yogyakarta—Solo akan beroperasi dengan 20 perjalanan KRL per hari mulai pukul 05.15—18.30 WIB. Kemudian KA Prambanan Ekspres melayani dengan 8 perjalanan KA per hari.

Rekayasa operasi lanjutan pun akan dilakukan KAI Commuter sesuai dengan tren volume pengguna KRL.

Adapun, perubahan jadwal dapat terjadi dan dapat diikuti informasinya melalui website www.krl.co.id dan aplikasi KRL Access.

Para pengguna KRL pun masih harus membawa dan menunjukkan dokumen syarat perjalanan saat hendak menggunakan KRL.

Selama pelaksanaan PPKM, KAI Commuter juga memberlakukan penerapan protokol kesehatan baik di area stasiun maupun di dalam perjalanan KRL sesuai dengan aturan pemerintah.

Mulai dari memperketat pembatasan jumlah pengguna KRL pada tiap kereta atau gerbongnya pada satu waktu, yaitu sebanyak 52 orang dari kapasitas tiap keretanya.

Kemudian para pengguna juga wajib menggunakan masker ganda dengan masker medis yang dilapis masker kain sebagaimana direkomendasikan Kementerian Kesehatan, atau menggunakan masker jenis N95, KN95, atau KF94 tanpa perlu dirangkap.

Para pengguna diharapkan juga mencuci tangannya sebelum dan sesudah naik KRL memanfaatkan fasilitas tempat cuci tangan tambahan di stasiun-stasiun.

Selain itu, KAI Commuter juga bekerja sama dengan Puskesmas Tambora menggelar vaksinasi di Stasiun Duri. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program percepatan vaksinasi yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Pelaksanaan vaksinasi tahap satu di Stasiun Duri akan berlangsung hingga 17 Agustus 2021 mendatang dengan target 400 dosis setiap harinya.

Penumpang KRL maupun masyarakat umum di sekitar stasiun dapat memanfaatkan layanan ini dengan membawa KTP DKI Jakarta, atau surat domisili dari RT/RW setempat, ataupun surat keterangan kerja.

Kegiatan vaksinasi juga dilakukan di beberapa stasiun lain, seperti Stasiun Angke, Cikarang, dan Rangkasbitung, dengan menggandeng Dinas Kesehatan wilayah setempat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl PPKM Darurat
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top