Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPH Migas Buka Peluang Kerja Sama Hilir Migas dengan Rumania

Komite BPH Migas Jugi Prajugio menyampaikan peluang kerja sama ini masih sangat terbuka lebar karena masih banyak wilayah di Indonesia yang belum memiliki atau belum terkoneksi oleh pipa gas.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 26 Mei 2021  |  20:16 WIB
Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa (dari kiri) bersama Gubernur Sumsel Herman Deru dan Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar usai membahas pengaturan dan pengawasan BBM bersubsidi dan penugasan khusus di Sumsel.  - Bisnis/Dinda Wulandari
Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa (dari kiri) bersama Gubernur Sumsel Herman Deru dan Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar usai membahas pengaturan dan pengawasan BBM bersubsidi dan penugasan khusus di Sumsel. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) membuka peluang kerja sama dan investasi di bidang pipa industrial dengan Rumania.

Adapun, BPH Migas menggelar pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Rumania dan Republik Moldova M. Amhar Azeth, Konsultan Kehormatan Indonesia untuk Konstanta sekaligus CEO dari Interventii Active di Atmosfera Limited Emil Sirbu di Gedung BPH Migas pada Selasa (25/05/2021).

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan pertemuan tersebut berfokus pada kemungkinan adanya kerja sama dan investasi yang diharapkan akan terjalin antara Indonesia dengan Rumania. 

Fanshurullah menuturkan Indonesia membuka banyak peluang untuk berinvestasi di bidang minyak dan gas bumi. Menurut dia, kerjasama ini adalah untuk kemajuan kedua negara. 

“Ini dilakukan untuk kedua negara kita. Dan untuk masa depan serta kemajuan pertumbuhan ekonomi kedua negara baik Rumania ataupun Indonesia.” katanya dalam keterangan resminya, Rabu (26/5/2021).

Komite BPH Migas Jugi Prajugio menyampaikan peluang kerja sama ini masih sangat terbuka lebar karena masih banyak wilayah di Indonesia yang belum memiliki atau belum terkoneksi oleh pipa gas terkhusus di wilayah selatan Jawa

Jugi juga menjelaskan bahwa saat ini Indonesia menggunakan tiga jenis pipa gas yaitu pipa gas transmisi, pipa gas distribusi, dan jargas kota. 

Dia mengatakan  pemerintah sedang berusaha untuk menekan penggunaan gas elpiji dan mendorong pembangunan jaringan gas (jargas). 

"Karenanya harapannya kerja sama ini dapat mengarah dan berfokus pada jargas," ungkapnya.

Duta Besar Indonesia untuk Rumania dan Republik Moldova, M. Amhar Azeth menjelaskan bahwa hubungan diplomasi antara Indonesia dengan Rumania sudah berjalan sejak 1950 karena hubungan dekat yang terjalin antara Presiden pertama RI Ir. Sukarno dan Presiden Rumania Gheorghe Gheorghiu-Dej. 

"Harapannya rencana kerja sama ini dapat berlanjut dan menjadi titik baru bagi hubungan antara Indonesia dengan Rumania," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi bph migas
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top