Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kunjungi Piamari, Ini Masukan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono

Perlu penataan dan peningkatan kualitas akuarium Piamari di beberapa bagian agar memaksimalkan konsep edukasi wisata serta menjaring wisatawan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  05:03 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono / Youtube Setpres
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menyambut baik konsep Piamari atau Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute untuk menjadi salah satu fasilitas terintegrasi antara riset teknologi kelautan dan eduwisata bahari.

Dia memberi masukan perlu penataan dan peningkatan kualitas akuarium Piamari di beberapa bagian agar memaksimalkan konsep edukasi wisata serta menjaring wisatawan.

"Konsepnya sudah bagus, letaknya juga sudah sangat strategis, namun ada dua hal atau bagian yang perlu diperbaiki, dikoreksi, di antaranya terkait penataan profiling ikan-ikan yang diperlihatkan di sini, agar edukasinya sampai. Kedua, terkait unsur rekreasinya, perlu perbaikan, penataan lagi dan juga penambahan," katanya saat meninjau lokasi Piamari di Kompleks PPI Cikidang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dikutip dari siaran pers (3/5/2021).

Dia berharap, pembangunan akuarium Piamari bisa diadopsi di daerah lain, seperti di kawasan Indonesia timur.

Untuk mewujudkannya, Trenggono mengatakan, bahwa pihaknya akan menjalin kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kita bisa buat ini di Indonesia bagian timur, hal-hal seperti ini harus dilakukan, akan ada kerja sama dengan Kemenparekraf, karena kita ada kepentingan disini, kepentingan keberlanjutan ekosistem laut dan kesehatan laut, dimana masa depan laut adalah masa depan kita," ungkap sang menteri.

Eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti yang turut hadir dalam kunjungan kerja Trenggono menyampaikan, bahwa pembangunan Piamari ini adalah salah satu mimpinya saat menjabat menteri.

Dia berpesan agar Menteri KKP saat ini melanjutkan pembangunan Piamari agar menjadi sentra kelautan dan perikanan, destinasi eduwisata bahari, dan riset teknologi kelautan dan perikanan yang semakin baik.

Kompleks Piamari mulai dibangun sejak 2017, dengan tiga bangunan utama yaitu gedung akuarium, gedung riset, dan dormitory.

Konsep pembangunan akuarium merujuk pada Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) yang memadukan antara kegiatan eduwisata mengenai kehidupan bawah laut dengan kegiatan riset di bidang teknologi kelautan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kkp Susi Pudjiastuti
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top