Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungi Piamari, Ini Masukan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono

Perlu penataan dan peningkatan kualitas akuarium Piamari di beberapa bagian agar memaksimalkan konsep edukasi wisata serta menjaring wisatawan.
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono - Youtube Setpres
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menyambut baik konsep Piamari atau Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute untuk menjadi salah satu fasilitas terintegrasi antara riset teknologi kelautan dan eduwisata bahari.

Dia memberi masukan perlu penataan dan peningkatan kualitas akuarium Piamari di beberapa bagian agar memaksimalkan konsep edukasi wisata serta menjaring wisatawan.

"Konsepnya sudah bagus, letaknya juga sudah sangat strategis, namun ada dua hal atau bagian yang perlu diperbaiki, dikoreksi, di antaranya terkait penataan profiling ikan-ikan yang diperlihatkan di sini, agar edukasinya sampai. Kedua, terkait unsur rekreasinya, perlu perbaikan, penataan lagi dan juga penambahan," katanya saat meninjau lokasi Piamari di Kompleks PPI Cikidang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dikutip dari siaran pers (3/5/2021).

Dia berharap, pembangunan akuarium Piamari bisa diadopsi di daerah lain, seperti di kawasan Indonesia timur.

Untuk mewujudkannya, Trenggono mengatakan, bahwa pihaknya akan menjalin kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kita bisa buat ini di Indonesia bagian timur, hal-hal seperti ini harus dilakukan, akan ada kerja sama dengan Kemenparekraf, karena kita ada kepentingan disini, kepentingan keberlanjutan ekosistem laut dan kesehatan laut, dimana masa depan laut adalah masa depan kita," ungkap sang menteri.

Eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti yang turut hadir dalam kunjungan kerja Trenggono menyampaikan, bahwa pembangunan Piamari ini adalah salah satu mimpinya saat menjabat menteri.

Dia berpesan agar Menteri KKP saat ini melanjutkan pembangunan Piamari agar menjadi sentra kelautan dan perikanan, destinasi eduwisata bahari, dan riset teknologi kelautan dan perikanan yang semakin baik.

Kompleks Piamari mulai dibangun sejak 2017, dengan tiga bangunan utama yaitu gedung akuarium, gedung riset, dan dormitory.

Konsep pembangunan akuarium merujuk pada Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) yang memadukan antara kegiatan eduwisata mengenai kehidupan bawah laut dengan kegiatan riset di bidang teknologi kelautan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper