Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementerian Investasi Ambil Alih Sebagian Tugas BKPM, Istana: Tanya Pak Luhut!

Kementerian Investasi rencananya akan di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Lembaga baru ini merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang No. 11/2021 tentang Cipta Kerja.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 13 April 2021  |  13:07 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan M. Fadjroel Rachman, Juru Bicara Presiden (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Negara, Rabu (5/2/2020). - Bisnis/Muhammad Khadafi
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan M. Fadjroel Rachman, Juru Bicara Presiden (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Negara, Rabu (5/2/2020). - Bisnis/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat akhir pekan lalu menyetujui Surat Presiden No. R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian.

Salah satu isinya terkait pembentukan Kementerian Investasi, di mana kementerian baru ini akan mengambil alih beberapa tugas Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Juru Bicara (Jubir) Presiden Joko Widodo Fadjroel Rachman hanya menjawab singkat saat dikonfirmasi terkait pembahasan Kementerian Investasi dan sejauh apa peran BKPM setelah diambil oleh lembaga tersebut.

“Mesti tanya Pak Luhut [Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi] atau Pak Jodi [Mahardi] jubir beliau,” katanya melalui pesan instan, Selasa (13/4/2021).

Seperti BKPM, Kementerian Investasi rencananya akan di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Lembaga baru ini merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang No. 11/2021 tentang Cipta Kerja.

Sementara itu, baik Luhut maupun Jodi belum merespons konfirmasi Bisnis. Sebelumnya, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Donny Gahral menegaskan bahwa rencana pembentukan Kementerian Investasi telah muncul sejak lama dan tidak lahir dalam satu atau dua hari.

Pembentukan Kementerian Investasi merupakan usulan kolektif dari banyak pihak terkait investasi, seperti BKPM, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, dan Kementerian Keuangan.

Menurut Donny, tujuan pembentukan kementerian tersebut untuk memperkuat perekonomian nasional, dengan mengolah investasi di satu kementerian.

“Dengan harapan investasi bisa masuk, lapangan kerja tercipta, perekonomian tumbuh,” terangnya, Sabtu (10/4/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi bkpm Luhut Pandjaitan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top