Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran 2021, Tol Cengkareng-Kunciran Akan Beroperasi

Konstruksi ruas Cengkareng-Kunciran terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 Km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 Km.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 27 Maret 2021  |  16:25 WIB
Ilustrasi - Bisnis/Noli Hendra
Ilustrasi - Bisnis/Noli Hendra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyatakan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan segera beroperasi untuk menghadapi musim Mudik Lebaran 2021.

Corporate Secretary Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan saat ini perkembangan konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Kunciran telah mencapai 97,01 persen. Adapun, pihaknya optimistis ruas tersebut dapat rampung pada akhir Maret 2021.

"[Konstruksi Jalan Tol]] Cengkareng-Kunciran sudah tahap akhir penyelesaian. Diharapkan dalam waktu dekat bisa diresmikan untuk pengoperasian," katanya kepada Bisnis, Sabtu (27/3/2021).

Agus mengatakan pengoperasian ruas Cengkareng-kunciran akan bergantung pada penerbitan sertifikat laik fungsi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pasalnya, kata Agus, pengoperasian Tol Cengkareng-Kunciran dapat dilakukan setelah ruas tersebut melalui masa sosialisasi dan uji coba pasca penerbitan sertifikat laik fungsi.

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki panjang keseluruhan 14,19 Km dan terbagi menjadi 4 Seksi. Keempat seksi tersebut adalah Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) Sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km, Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mendata investasi yang dibenamkan dalam proyek tersebut mencapai Rp5 triliun. Adapun, biaya konstruksi yang harus dikucurkan mencapai Rp1,96 triliun, sedangkan biaya pembebasan lahan berada di kisaran Rp1,22 triliun.

Selain Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, Jasa Marga juga menargetkan agar Jalan Tol Serpong-CInere dapat diresmikan pada akhir Maret 2021. Pasalnya, progres konstruksi Seksi 1 telah selesai 100 persen dan siap diresmikan akhir Maret 2021 sedangkan progres konstruksi Seksi 2 telah mencapai 79,7 persen dengan pembebasan lahan mencapai 99,17 persen.

Konstruksi ruas Cengkareng-Kunciran terbagi menjadi dua seksi, yakni Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 Km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 Km.

"Di samping beberapa kendala minor yang masih dihadapi, kita optimis kedua ruas tol ini dapat selesai di akhir Maret 2021 dan nantinya jika sudah beroperasi akan menjadi alternatif akses baru bagi masyarakat, terutama menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta", kata Komisaris Utama Jasa Marga Yuswanda A Temenggung,

Di sisi lain, Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II yang juga akan terintegrasi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang telah lebih dulu dioperasikan. Dengan kata lain, Jasa Marga akan menghubungkan Cengkareng dengan Cinere dengan beroperasinya dua ruas baru tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top