Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Biak Numfor Dorong Investasi dan Ekspor Perikanan

Hadirnya Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) diharapkan menjadi pemicu kemajuan perekonomian di daerah Biak Numfor.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  00:25 WIB
Dokumen foto pemandangan bawah laut Sawarkawafor di Kabupaten Kabupaten Supiori dan Biak Numfor, Papua. - Istimewa
Dokumen foto pemandangan bawah laut Sawarkawafor di Kabupaten Kabupaten Supiori dan Biak Numfor, Papua. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kabupaten Biak Numfor meminta agar pemerintah pusat membantu mengembangkan sektor perikanan. Biak Numfor memiliki potensi besar pada untuk investasi dan ekspor sektor perikanan.

Herry Ario Naap, Bupati Kabupaten Biak Numfor, mengatakan bahwa daerahnya memiliki potensi besar pada sektor perikanan. Pemkab juga menyambut baik investasi sektor perikanan di Biak Numfor.

"Kami siap untuk menerima dan menyetujui kehadiran investasi di Biak. Jika ada yang komplain, orang itu bukan tinggal di Biak,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (23/3/2021).

Herry menuturkan hal itu ketika bersama jajaran Pemkab Biak Numfor bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan bahwa pemerintah pusat mendukung penuh Kabupaten Biak Numfor untuk menjadi sentra pangan dengan ikan sebagai komoditas utama. Hadirnya Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) diharapkan menjadi pemicu kemajuan perekonomian di daerah Biak Numfor.

Besarnya potensi perikanan juga terlihat dari terus meningkatnya produksi perikanan sejak 2017 lalu. Tantangan SKPT Biak Numfor saat ini ialah masih belum melaksanakan ekspor perikanan secara langsung.

Untuk mengatasi hal tersebut, Luhut telah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan untuk menyiapkan segala infrastruktur pendukung seperti kargo bandara dan pelabuhan. Nantinya ekspor produk perikanan dari SKPT Biak dapat langsung dikirim ke Hawaii, Jepang, atau Hongkong yang jaraknya tidak jauh dari sana.

“Biak Numfor ini potensinya besar dan posisinya sangat strategis. Nanti fasilitas pendukung untuk memungkinkan ekspor langsung seperti kargo itu akan segera kita siapkan," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan Luhut Pandjaitan
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top