Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Uji Coba Verifikasi Travel Pass Tahap Pertama SIA, Sukses?  

Singapore Airlines (SIA) berhasil menguji coba tahap pertama proses verifikasi kesehatan digitalnya yang dimulai pada Desember 2020.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 11 Maret 2021  |  11:59 WIB
Maskapai Singapore Airlines - www.singaporeair.com
Maskapai Singapore Airlines - www.singaporeair.com

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 200 sertifikat kesehatan berhasil diverifikasi oleh petugas check-in Singapore Airlines (SIA) tanpa terdeteksi sertifikat palsu pada uji coba tahap pertama verifikasi kesehatan digital yang dimulai pada Desember 2020.

Acting Senior Vice President Marketing Planning Singapore Airlines JoAnn Tan mengatakan uji coba Singapore Airlines IATA Travel Pass ini hadir setelah serangkaian inisiatif digital diluncurkan oleh SIA untuk merampingkan verifikasi kesehatan digital bagi para wisatawan.

Hal ini, sambungnya, juga memungkinkan pelanggan untuk mengelola perjalanan mereka dengan mudah dan aman, dan membantu mendukung keamanan industri dan pemulihan terkalibrasi dari pandemi Covid-19.

Singapore Airlines (SIA) berhasil menguji coba tahap pertama proses verifikasi kesehatan digitalnya yang dimulai pada Desember 2020.

”Uji coba fase pertama tersebut berhasil, Pelanggan yang menjalani tes Covid-19 di klinik tertentu di Jakarta dan Kuala Lumpur diberikan sertifikat kesehatan digital atau kertas dengan kode QR,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (11/3/2021). 

Setelah itu, lanjutnya, petugas check-in bandara dan otoritas imigrasi Singapura akan melakukan verifikasi keaslian sertifikat ini melalui aplikasi seluler yang aman dan memastikan bahwa pelanggan memenuhi persyaratan masuk Singapura.

Uji coba tersebut telah mencatat lebih dari 200 sertifikat kesehatan yang berhasil diverifikasi oleh petugas check-in SIA tanpa terdeteksi sertifikat palsu.

Sementara itu, pada Januari 2021 ini SIA bermitra dengan Collinson yang bergerak dalam bidang penyediaan pengalaman perjalanan, termasuk bantuan medis dan keamanan, untuk menguji coba solusi daring satu atap untuk pengujian pra-keberangkatan Covid-19 bagi penumpang.

Menurutnya dengan pengujian pra-keberangkatan menjadi persyaratan wajib untuk lebih banyak negara, layanan ini memungkinkan pelanggan SIA untuk memesan jadwal tes mereka di portal pemesanan daring dengan aman dan lancar setelah melakukan pemesanan penerbangan mereka.

Layanan tes pra-keberangkatan saat ini tersedia untuk penumpang Singapore Airlines dan SilkAir yang berangkat dari Singapura, Jakarta, dan Medan. Ada rencana untuk memperluas layanan ini ke lebih banyak kota di jaringan SIA dan SilkAir selama beberapa bulan ke depan jika uji coba berhasil.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapore airlines iata
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top