Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telat 3 Bulan, Tol Cengkareng-Kunciran Ditarget Rampung Bulan Ini

Jalan Tol Cengkareng-Kunciran akan membantu beban 6 ruas yang tergabung dalam Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.
Simpang susun jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi W1./Jasa Marga
Simpang susun jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi W1./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Kunciran akan rampung pada akhir kuartal I/2021.

Dengan kata lain, target penyelesaian ruas jaan tol tersebut telah terlambat sekitar 3 bulan.

Perkembangan konstruksi ruas tersebut saat ini telah mencapai 93,06 persen dan ditargetkan rampung pada Maret 2021. Adapun, jalan tol sepanjang 14,19 kilometer tersebut menelan nilai investasi sekitar Rp1,96 triliun.

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (2/3/2021).

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit mengatakan Jalan Tol Cengkareng-Cikunir dapat diselesaikan konstruksinya pada akhir Desember 2020 sehingga dapat dioperasikan dan dinikmati oleh masyarakat.

Jalan Tol Cengkareng-Kunciran akan membantu beban 6 ruas yang tergabung dalam Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. JORR II diharapkan akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek.

Adapun, keenam ruas di JORR II tersebut adalah Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,14 Km), Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,70 Km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (26,18 Km), Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34,02 Km).

Pembangunan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Sementara itu, Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu, tol tersebut juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

Selain mengurangi biaya logistik, Jalan Tol Cengkareng-Kunciran bertujuan untuk memperlancar lalu lintas dan memangkas waktu perjalanan.

Paralel, ruas tersebut diramalkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi Megapolitan Jabodetabek, sekaligus mengurangi beban lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper