Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Kemenparekraf untuk Mendongkrak Sektor Pariwisata

Pemerintah akan melaksanaan zonasi untuk melancarkan program travel bubble.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 08 Februari 2021  |  21:00 WIB
wisata subang - dok. Bisnis
wisata subang - dok. Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Program vaksinasi nasional sektor pariwisata akan diperkuat dengan penerapan sistem zonasi dalam upaya pemulihan yang dikebut tahun ini. Dengan penerapan skema travel bubble, hal itu disebut berpotensi menaikkan tingkat kepercayaan diri masyarakat untuk berwisata.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hari Santosa Sungkari mengatakan bahwa sejumlah wilayah yang berpotensi masuk ke dalam zonasi, di antaranya Bali, Batam, Bintan.

"Pemerintah akan melaksanaan zonasi untuk melancarkan program travel bubble. Pemerintah baru melakukan percobaan di Bali, Batam, dan Bintan. Namun, juga ada permintaan dari Bangka Belitung," kata Hari kepada Bisnis, Senin (8/2/2021).

Di Bali, lanjutnya, dalam exercise lalu diperkirakan baru dibuka di 20 lokasi yang dilengkapi dengan transportasi bebas Covid-19 sehingga wisatawan bisa menikmati kegiatan berwisata secara eksklusif.

Sementara itu, di Batam dan Bintan, sejumlah wilayah yang masuk ke dalam zonasi pemerintah dibuka mengikuti mekanisme yang dijalankan di Bali.

Persoalan tersebut, akan dibicarakan antarkementerian, antara lain Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Dia menambahkan bahwa ketika pemulihan ekonomi sektor pariwisata disertai dengan penurunan tren kasus positif akibat pandemi Covid-19 di destinasi wisata pilihan, maka diyakini efek positif yang akan dirasakan oleh pelaku industri akan berlangsung untuk jangka panjang.

"Mudah-mudahan bisa terjadi sekali pemerintah menentukan destinasi yang masuk dalam zonasi yang bener-bener dijaga," sambungnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata zonasi
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top