Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pangsa Pasar Tergerus, Nokia Proyeksikan Penurunan Pendapatan pada 2021

Terlepas dari proyeksi penurunan pendapatan, Chief Executive Officer Nokia Pekka Lundmark menaruh harapan baik pada tahun 2021 ini.
Janlika Putri
Janlika Putri - Bisnis.com 04 Februari 2021  |  15:20 WIB
Ponsel cerdas Nokia.  - hmdglobal.com
Ponsel cerdas Nokia. - hmdglobal.com

Bisnis.com, JAKARTA - Nokia Oyj memperkirakan pendapatannya akan terus turun pada tahun 2021 ini. Saat ini perusahaan telekomunikasi asal Finlandia tersebut tengah berjuang melawan kerugian dan penurunan harga produknya di beberapa pasar.

Dilansir dari Bloomberg, penjualan Nokia diperkirakan mencapai 20,6 miliar euro hingga 21,8 miliar euro (US$24,7 miliar hingga US$26,2 miliar). Menurut sejumlah analis yang disurvei Bloomberg,  angka penjualan diperkirakan mencapai 21,5 miliar euro untuk tahun 2021.

Terlepas dari proyeksi penurunan pendapatan, Chief Executive Officer Nokia Pekka Lundmark menaruh harapan baik pada tahun 2021 ini.

"Kami berharap 2021 akan menjadi tahun yang penuh tantangan, tahun transisi, dengan hambatan berarti karena kehilangan pangsa pasar dan penurunan harga di Amerika Utara,” kata Lundmark, dikutip Bloomberg, Kamis (4/2/2021).

Saat ini penjualan bersih pada kuartal keempat 2020 turun 5 persen menjadi 6,57 miliar euro. Capaian ini sedikit lebih tinggi dibandingkan rata-rata proyeksi analis sebesar 6,51 miliar euro. Nokia juga tengah berupaya menjaga stabilitas margin operasional di kisaran 7 persen hingga 10 persen.

Transformasi naik turunnya saham seakan menghantui Nokia. Oleh karena itu, Lundmark  berjanji untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk mengantisipasi penurunan pangsa pasar.

Perusahaan kini juga tengah berupaya memenangkan kontrak 5G, termasuk berinvestasi lebih banyak dalam penelitian dan pengembangan.

Saat ini, saham Nokia telah menguat 20 persen hingga Rabu (3/2/2021), lebih tinggi dibandingkan kenaikan indeks Stoxx Europe 600 yang hanya 6,4 persen. Saham Nokia diperdagangkan dengan rasio pendapatan per sahamnya (earning per share/eps) mencapai 17 kali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendapatan nokia
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top