Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KMP Aceh Hebat 2 Layani Lintasan Ulee Lheue—Balohan

KMP Aceh Hebat 2 menjadi kapal keempat yang dioperasikan ASDP di lintasan Ulee Lheue—Balohan setelah KMP BRR dan KMP Tanjung Burang.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  14:22 WIB
KMP Aceh Hebat 2 Layani Lintasan Ulee Lheue—Balohan
Ilustrasi: Kapal Muatan Penumpang (KMP) BRR yang membawa pemudik dan wisatawan keluar dari kawasan dermaga pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh, Aceh, Minggu (2/6/2019). - ANTARA / Irwansyah Putra

Bisnis.com, JAKARTA — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kembali memperkuat layanan penyeberangan di Provinsi Aceh dengan mengoperasikan KMP Aceh Hebat 2 yang melayani lintasan Ulee Lheue—Balohan setiap hari.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan bahwa meski pandemi Covid-19, ASDP terus memastikan layanan penyeberangan tetap hadir untuk sektor logistik demi menjaga pasokan di daerah tetap stabil.

"Dengan hadirnya KMP Aceh Hebat 2 ini kami harapkan dapat menambah dan memudahkan akses transportasi masyarakat dan sektor logistik, terutama yang mengangkut bahan pokok menuju Sabang dan sekitarnya dengan lebih cepat, aman, nyaman, dan selamat," ujarnya melalui siaran pers, Senin (1/2/2021).

Shelvy menyebutkan bahwa KMP Aceh Hebat 2 ini menjadi kapal keempat yang dioperasikan ASDP di lintasan Ulee Lheue—Balohan setelah KMP BRR dan KMP Tanjung Burang, sedangkan KMP Papuyu melayani rute perintis Ulee Lheue—Lamteng dan Ulee Lheue—Serapung.

KMP Aceh Hebat 2 lanjutnya, berukuran 1186 GRT yang dibangun galangan PT Adi Luhung Saranasegara dengan kapasitas angkut 300 orang penumpang dan 26 unit kendaraan campuran.

Untuk lintas Ulee Lheue—Balohan dengan jarak 18 mil, kata Shelvy, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit per trip. Kapal ini dilayani dengan total sekitar 15 orang anak buah kapal (ABK).

Sementara itu, dia menambahkan bahwa tren pengguna jasa di lintas ini banyak didominasi pejalan kaki dan kendaraan barang golongan IV, V, dan VI yang biasanya membawa bahan makanan, elektronik, dan material bangunan.

"Tiap hari KMP Aceh Hebat 2 melayani lintas Ulee Lheue—Balohan dengan waktu keberangkatan dari Ulee Lheue—Balohan pukul 07.30 WIB lalu berangkat lagi dari Balohan—Ulee Lheue pukul 10.30 WIB," jelas Shelvy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal roro KMP
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top