Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PLN Sediakan Sambung Listrik Sektor Pertanian, kok Gandeng Bank Mandiri?

Electrifying agriculture merupakan layanan penyambungan tenaga listrik untuk sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 30 Desember 2020  |  10:46 WIB
Petani memikul benih padi yang akan di tanam pada lahan pertanian di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (5/5/2020). - Antara
Petani memikul benih padi yang akan di tanam pada lahan pertanian di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (5/5/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — PT PLN (Persero) menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. untuk menyediakan pembiayaan program electrifying agriculture bagi pelaku usaha di sektor pertanian.

Sinergi tersebut dituangkan dalam perjanjian kerja sama penyediaan layanan perbankan untuk mendukung electrifying agriculture yang ditandatangani secara virtual pada Selasa (29/12/2020).

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan bahwa program electrifying agriculture merupakan layanan penyambungan tenaga listrik untuk sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan yang akan mendorong peningkatan produktivitas sektor tersebut. Oleh karena itu, PLN melakukan sinergi dengan Bank Mandiri untuk mendukung program tersebut.

"Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dimaksudkan untuk memanfaatkan kemampuan, pengalaman, sumbang daya, dan fungsi yang dimiliki PLN maupun Bank Mandiri guna mendorong peningkatan produktivitas, efisiensi biaya, daya saing usaha tani melalui dukungan pelaksanaan program electrifying agriculture untuk mendorong kemajuan sektor pertanian Indonesia," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama antara PLN dan Bank Mandiri tersebut meliputi penyediaan layanan perbankan oleh Bank Mandiri berupa pembiayaan bagi para pelanggan atau calon pelanggan yang akan digunakan untuk dapat berpartisipasi dalam program electrifying agriculture PLN, menyosialisasikan dan memasarkan bersama program electrifying agriculture, serta pertukaran data dan informasi.

"Kami berharap agar perjanjian kerja sama dengan Bank Mandiri ini menjadi landasan untuk dampak diimplementasikan dari Sabang sampai Merauke sehingga sektor pertanian kita dapat tumbuh lebih produktif dan lebih maju lagi," kata Bob.

Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto menyambut baik kolaborasi antara PLN dan Bank Mandiri ini. Dia menilai dukungan kepada sektor pertanian sangat diperlukan, terutama di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

Dia berharap dukungan terhadap program electrifying agriculture akan mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

Layanan electrifying agriculture diluncurkan PLN pada September 2020. Layanan yang awalnya lahir di Jawa Timur ini menghadirkan kemudahkan akses listrik bagi pelaku usaha sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan. Penggunaan listrik khususnya pada pompanisasi sawah, penggilingan padi, budi daya buah naga, pengusir hama, pembibitan ikan, ternak dan lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN bank mandiri sektor pertanian
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top