Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Tes Rapid Antigen di Bandara Soetta? Ini Cara Daftar Pre-Order, Lebih Mudah!

PT Angkasa Pura II (Persero) meminta agar masyarakat yang akan melaksanakan tes Covid-19 di Bandara Soekarno-hatta agar menggunakan layanan pre-order, sehingga tidak menimbulkan antrean panjang di bandara.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  11:33 WIB
Antrean calon penumpang yang akan melakukan tes Covid-19 di Farmalab Terminal 3 Bandara Soekarno-hatta pada Jumat (18/12/2020). Antrean mulai terlihat sejak pukul 11.00 WIB. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Antrean calon penumpang yang akan melakukan tes Covid-19 di Farmalab Terminal 3 Bandara Soekarno-hatta pada Jumat (18/12/2020). Antrean mulai terlihat sejak pukul 11.00 WIB. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) meminta agar masyarakat yang akan melaksanakan tes Covid-19 di Bandara Soekarno-hatta agar menggunakan layanan pre-order, sehingga tidak menimbulkan antrean panjang di bandara.

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano menuturkan animo terhadap layanan pesan dahulu (pre-order service) tes Covid-19 di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta terus meningkat.

“Jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes Covid-19 dengan pre-order service pada 23 Desember sampai pukul 18.00 WIB mencapai 765 orang atau jauh lebih tinggi bandingkan dengan 22 Desember sekitar 500 orang,” ujarnya, Kamis (24/12/2020).

Melalui pre-order service, calon penumpang pesawat dapat memilih jadwal tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta dengan tentunya juga memperhatikan jam keberangkatan penerbangan.

Menurutnya, peningkatan animo terhadap pre-order service untuk tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta menandakan bahwa layanan tersebut dapat memberikan lebih kenyamanan, lebih kepastian, dan lebih kemudahan dalam melakukan tes Covid-19 di bandara.

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi sempat merasakan kemudahan tes Covid-19 dengan pre-order service saat akan terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Supadio, Pontianak.

Secara umum, Tulus Abadi mengatakan bahwa proses dan pelaksanaan tes Covid-19 bagi penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sudah baik.

“Hari ini saya melihat sudah cukup baik, cenderung normal bahkan sepi [untuk pelaksanaan tes Covid-19 di bandara]. Tidak lepas dari AP II dan stakeholder lain mengamankan proses check in dan proses tes antigen. Kita apresiasi AP II dan stakeholder lain,” ujar Tulus.

Sementara itu, Anggota Ombudsman Republik Indonesia Alvin Lie juga sempat melihat langsung pelaksanaan pre-order service ini. Dia sempat mewawancarai calon penumpang pesawat yang memilih pre-order service.

“Daftar dulu, pre-order. Luar biasa cepat sekali, tidak ada 15 menit selesai [pelaksanaan tes Covid-19]. Yang penting daftar online. Jangan walk in, jangan susah-susah. Cari aman, digital,” ujar calon penumpang pesawat itu kepada Alvin Lie, seusai tes Covid-19 dengan pre-order service.

Seperti diketahui terdapat tiga alternatif layanan tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu pre-order service melalui travelation.angkasapura2.co.id, lalu tes tanpa turun kendaraan (drive thru service), dan tes langsung datang ke lokasi (walk in service).

Pada Rabu, 23 Desember 2020, sejak pukul 00.00 WIB hingga 18.00 WIB jumlah total calon penumpang pesawat yang melakukan tes di Bandara Soekarno-Hatta tercatat 3.216 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 765 orang menggunakan pre-order service, lalu 162 orang lewat drive thru service dan 2.289 orang walk in service.

PT Angkasa Pura II tetap mengimbau agar calon penumpang pesawat dapat melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan yang ada di luar bandara. Namun, jika ingin tetap melakukan tes di bandara maka disarankan tiba 4 jam sebelum keberangkatan dan memilih pre-order service agar jadwal tes dapat lebih terencana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara soekarno-hatta Rapid Test
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top