Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gojek Klaim Bantu UMKM Bertahan saat Pandemi

Gojek mengklaim sarana digitalnya telah membantu UMKM untuk bertahan dan tumbuh selama pandemi Covid-19.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  21:41 WIB
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Gojek dan pelantar digital miliknya seperti GoBiz, menjadi sarana usaha mikro dan kecil (UMK) menanggulangi pandemi Covid-19 terhadap bisnisnya.

Berdasarkan laporan baru berjudul “Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi Covid-19” dari UN Women yang bekerja sama dengan Pulse Lab Jakarta dan Gojek, platform digital untuk pelaku usaha, seperti GoBiz, telah membantu usaha mikro dan kecil (UMK) milik perempuan untuk bertahan dan bertumbuh selama pandemi Covid-19.

Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita menuturkan dalam laporan tersebut lebih dari 80 persen UMK menggunakan platform digital, seperti GoBiz, sebagai strategi penanggulangan pandemi terhadap bisnis mereka.

"Temuan studi independen ini sejalan dengan apa yang telah diadvokasi Gojek, yaitu untuk menjadi mitra pertumbuhan untuk 900.000 mitra usaha kami yang 96 persen di antaranya merupakan UMKM," katanya, Rabu (23/12/2020).

Secara khusus, penggunaan platform digital membantu sebagian besar usaha yang lebih tua (telah berdiri lebih dari 1 tahun) untuk bertahan dan 30--40 persen dari usaha yang lebih muda untuk berkembang.

Di antara usaha yang lebih muda, usaha yang dimiliki oleh perempuan mendapatkan keuntungan terbesar - penggunaan platform digital membantu 41 persen dari UMK formal dan 40 persen dari UMK informal untuk berkembang, sebuah keunggulan 8-10 poin persentase dibandingkan dengan UMK milik laki-laki.

Lebih lanjut, laporan UN Women menemukan bahwa 82 persen pengusaha perempuan merasa terbantu dalam menyeimbangkan antara pekerjaan dan tanggung jawab domestik serta keluarga berkat solusi digital seperti GoBiz, Selly, dan MokaPOS.

Berdasarkan hasil penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, 42 persen mitra mitra usaha GoFood adalah perempuan; 27 persen diantaranya merupakan ibu rumah tangga.

Selain solusi teknologi, dukungan Gojek kepada UMKM turut diberikan melalui sederet program pelatihan dan peningkatan kapasitas seperti Gojek Wirausaha, Go-Nusantara, Komunitas Laris Manis GoSend, dan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gojek
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top