Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menko Airlangga: Sesuai Arahan Presiden, Akhir Januari Vaksin Bisa Dilaksanakan

Sesuai arahan Presiden, proses vaksinasi gratis akan mulai dilakukan mulai akhir Januari 2021.
Jarum suntik. /Bloomberg
Jarum suntik. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara di Asean yang telah memiliki vaksin Covid-19.
 
Dua pekan lalu, pemerintah mengimpor 1,2 juta vaksin dalam bentuk jadi dari Cina. Masih di bulan ini, 15 juta bahan baku vaksin juga akan tiba. Januari 2021, bakal ada tambahan 1,2 juta vaksin siap pakai.
 
“Tentu sesuai arahan Bapak Presiden, akhir Januari vaksin sudah bisa dilaksanakan,” katanya pada sambutan virtual, Selasa (22/12/2020).
 
Airlangga menjelaskan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan menganalisa efektivitas dan keamanan dari vaksin.
 
Data dari China mengenai vaksin juga uji klinis di Brazil dan Bandung akan ditelaah untuk memastikan vaksin bisa didistribusi kepada masyarakat.
 
Untuk tahap awal, Airlangga menambahkan bahwa tenaga kesehatan, pekerja di garda terdepan, Satpol PP, TNI, Polri, pedagang pasar, dan UMKM akan menjadi prioritas utama penerima vaksin.
 
“Dan diharapkan rasa aman akan bangkit sehingga masyarakat berani bergerak untuk meningkatkan daya beli,” jelasnya.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pemberian vaksin dilakukan tanpa dipungut biaya. Hal itu dilakukan setelah pemerintah menerima banyak masukan dari masyarakat terkait program vaksinasi.
 
“Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang dan perhitungan ulang mengenai keuangan negara dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” katanya, Rabu (16/12/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper