Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mustika Ratu Gandeng UI Dorong Industri Kosmetik dan Jamu

PT Mustika Ratu Tbk. menggandeng Universitas Indonesia (UI) untuk kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, hingga manufacturing di bidang kosmetik dan jamu tradisional.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  09:56 WIB
UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktivitas penelitian melalui tiga ruang lingkup ilmu yaitu, Rumpun Ilmu Kesehatan, Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi.  - mustikaratu
UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktivitas penelitian melalui tiga ruang lingkup ilmu yaitu, Rumpun Ilmu Kesehatan, Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi. - mustikaratu

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mustika Ratu Tbk. menggandeng Universitas Indonesia (UI) untuk kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, hingga manufacturing di bidang kosmetik dan jamu tradisional.

Kerja sama ini dilakukan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dan UI pada Senin (21/12/2020) di Gedung Rektorat, Kampus UI, Depok. Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk. Bingar Egidius Situmorang dan Rektor UI Ari Kuncoro.

Adapun ruang lingkup kerja sama mencakup penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, penelitian, seminar, dan lokakarya, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia, pengembangan inovasi produk baru, hingga manufacturing dan komersialisasi produk kategori kosmetik dan obat tradisional.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk. Bingar Egidius Situmorang mengatakan kerja sama antara Mustika Ratu dan Universitas Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di antara kedua pihak, dengan melakukan penelitian, pelatihan, pengembangan inovasi baru bersama dengan pemanfaatan sumber daya alam.

Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Tumbuhan asli Indonesia yang berkhasiat sudah dikaji dan dituangkan di dalam buku Alam Sumber Kesehatan yang ditulis oleh Mooryati Soedibyo. "Sehingga dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk riset dan pengembangan produk herbal dan kosmetik di masa sekarang dan mendatang," katanya melalui siaran pers, Selasa (22/12/2020).

Melalui kerja sama Mustika Ratu dan Uiversitas Indonesia diharapkan dapat membantu masyarakat dalam penyediaan produk kesehatan yang berbahan alami asli Indonesia yang sangat bermanfaat serta berkontribusi kepada negara Indonesia.

"Mustika Ratu dan Universitas Indonesia juga bisa melakukan riset dan pengembangan produk herbal lainya yang memiliki manfaat besar baik untuk kebutuhan kesehatan maupun pangan. Ini akan menjadi kerja sama yang baik untuk kedua belah pihak,” ujar Bingar.

Mustika Ratu percaya bahwa segala hal yang terkandung dari alam Indonesia dapat memberikan kebaikan bagi manusia dan dengan riset dan pengembangan yang dilakukan oleh tim Research and Development Mustika Ratu, yaitu memadukan kebaikan alam Indonesia dan teknologi terkini, bisa memberikan solusi holistik yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Dalam proses pengembangan dan penelitian produk herbal dan kosmetik, Mustika Ratu memiliki tim inovasi yang solid dan bekerja sama dengan pihak eksternal dari multiklinisi yang ahli di bidangnya. Dalam tim internal research and development dan product development yang terdiri dari gabungan dari berbagai profesi, antara lain pharmacist, chemist, microbiologist, dan dokter.

Sesuai dengan misi Mustika Ratu yaitu menghadirkan holistic service – kecantikan dan kesehatan, baik luar dan dalam.

Mustika Ratu terus berkomitmen untuk terus berinovasi dan melakukan transformasi dalam menghadapi tantangan pasar kosmetik, jamu dan kesehatan baik dalam dan luar negeri. MRAT telah membentuk susunan direksi dan komisaris yang diisi oleh profesional dari berbagai macam industri termasuk industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Sementara itu UI yang adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis, memiliki mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan.

UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktivitas penelitian melalui tiga ruang lingkup ilmu yaitu, Rumpun Ilmu Kesehatan, Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi.

Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan pihaknya akan sangat mendukung terjalinnya kolaborasi penta helix, dapat dilihat dari kerja sama yang saat ini kita kembangkan bersama dengan Mustika Ratu.

Sinergitas dengan Mustika Ratu merupakan ikhtiar dan kerja kita bersama untuk dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat.

Selain itu, kerja sama dengan Mustika Ratu menjadi penting dalam masa pandemi ini, karena dapat turut mendukung pengembangan akademik dan riset serta inovasi, khususnya ilmu sains dan kesehatan, yang dapat memberikan banyak manfaat bagi keduanya maupun masyarakat.

"Kami berharap agar kemitraan ini bisa menjadi jembatan emas bagi UI dan Mustika Ratu dalam mengembangkan sektor pendidikan, kesehatan, sosial dan juga ekonomi dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas indonesia mustika ratu industri jamu
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top